Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy Gurih

Resep Udang Goreng Tepung Crispy - Udang goreng tepung merupakan cemilan yang banyak disukai terutama oleh anak-anak karena rasanya yang lezat dan gurih. Teksturnya yang renyah membuatnya menjadi favorit sehingga cocok sebagai makanan selingan atau juga sebagai pelengkap saat makan nasi. Dalam bentuk jadi, udang goreng tepung biasanya hanya bisa didapatkan di restoran-restoran ternama atau restoran cepat saji. Bagi kalian yang hendak membuatnya sendiri di rumah, simak cara membuat udang goreng tepung crispy yang lezat berikut ini ya!
Resep Udang Goreng Tepung Crispy, Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy
gambar : cookingontheside.com
Kandungan gizi yang tinggi pada udang membuat makanan ini menjadi sumber asupan gizi yang baik terutama jika dikonsumsi oleh anak-anak karena kaya akan protein dan asam lemak tak jenuh yang diperlukan selama masa pertumbuhan. Tak hanya anak-anak, orang dewasa sekalipun sangat menyukai udang goreng tepung sebagai cemilan yang lezat dan cocok dinikmati di setiap suasana.

Cara membuat udang goreng tepung crispy cukup mudah dan gampang untuk dibuat setiap saat. Resep udang goreng tepung crispy tidak memerlukan bayak bahan dan bahkan bisa menggunakan tepung bumbu siap pakai jika malas untuk meracik bumbu. Namun, mengolah bumbu sendiri rasanya lebih asyik dan hasilnya lebih memuaskan.

Resep Udang Goreng Tepung Crispy yang Gurih Kriuk

Proses pembuatan udang goreng tepung yang crispy cukup simpel dan tidak memerlukan persiapan yang ribet. Namun untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih renyah, sebaiknya udang dilumuri terlebih dahulu dengan garam dan bawang putih halus sebelum digoreng. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap sehingga nantinya berasa gurih luar dan dalam.

Penambahan air perasan jeruk nipis juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis dan membuat udang renyah lebih tahan lama meskipun sudah dingin. Selain itu, disini kita menambahkan baking powder yang bertujuan agar adonan tepung bisa sedikit mengembang saat digoreng sehingga udang lebih renyah. Berikut bahan-bahannya secara lengkap beserta langkah-langkah pembuatannya.

Bahan Resep Udang Goreng Tepung Crispy

  1. 500 gr udang
  2. 3 siung bawang putih, haluskan
  3. 1 sdm air perasan jeruk nipis
  4. 1 sdt garam
  5. tepung panir secukupnya
  6. minyak goreng yang banyak untuk deep fry

Bahan Adonan Tepung

  1. 100 gr tepung terigu
  2. 1 btr telur ayam, kocok lepas
  3. 1/2 sdt lada bubuk
  4. 1/2 sdt baking powder
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. garam secukupnya
  7. air es secukupnya

Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy

  1. Bersihkan udang, kupas dan buang kepalanya sehingga yang tersisa tingga daging dan ekornya. Cuci bersih kemudian tiriskan sebentar.
  2. Bubuhkan garam, air perasan jeruk nipis dan bawang putih halus. Diamkan beberapa saat, kurang lebih 15 menit. Proses ini bertujuan untuk mengurangi kadar air sehingga hasilnya bisa lebih renyah. Selain itu, proses ini juga dapat meminimalisir bau amis dan menambah cita rasa gurih dari bawang putih.
  3. Buat adonan tepung dengan cara mencampurkan tepung terigu, lada bubuk, baking powder, kaldu bubuk dan garam kemudian aduk rata. Tuangkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk sehingga membentuk adonan seperti hendak membuat mendoan. Masukkan kocokan telur dan aduk rata. Jika tidak ada air es, gunakan air dingin biasa asal jangan air hangat karena baking powder bisa bereaksi sebelum udang digoreng sehingga hasilnya tidak maksimal.
  4. Celupkan udang kedalam adonan tepung setelah itu gulingkan pada tepung panir kasar sehingga terselimuti seluruhnya.
  5. Goreng udang dalam minyak panas yang agak banyak (deep fry) sehingga udang terendam. Goreng hingga matang dan berubah warna manjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan udang selagi hangat bersama dengan saus sambal.
Mudah kan? Cara membuat udang goreng tepung crispy tidaklah seribet yang kita bayangkan. Apalagi jika menggunakan tepung bumbu serbaguna yang siap pakai maka prosesnya bisa lebih cepat namun menurut saya pribadi rasanya kurang mantap. Resep udang goreng tepung crispy ini juga bisa diaplikasikan pada bahan lainnya, dan sebagai variasi kita juga bisa membuat cumi goreng tepung dengan cara yang hampir sama. Selamat mencoba...! Salam Jajan Pinggiran!

Mau Coba Resep Menarik Lainnya?

Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Resep dan Cara Membuat Hotang Hot Dog Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Arem Arem Mie Pedas Isi Sayuran
Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
Resep dan Cara Membuat Acar Kuning Timun Wortel
Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy Gurih
4/ 5
Oleh