Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang Topping Oreo

Resep Kue Cubit Abang-Abang - Kue cubit adalah jajanan anak-anak sepanjang masa, mulai dari jaman dahulu hingga jaman sekarang kue ini tetap eksis dan memenuhi hasrat jajan anak-anak. Bahkan tak hanya anak-anak, mereka yang sudah beranjak dewasa bahkan berkeluarga sekalipun tak sedikit yang masih setia menjadikan kue cubit sebagai jajanan favoritnya. Dan seiring waktu, kue cubit abang-abang telah mengalami banyak perubahan dengan banyaknya variasi yang bermula dari kreasi penjualnya untuk menarik minat anak-anak. Dan ternyata, kue cubit itu sebenarnya gampang dibuat lho, yuk kita simak!
Resep Kue Cubit Abang-Abang, Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Gambar : senengbangetmakan.wordpress.com
Cara membuat kue cubit abang-abang sebetulnya tidak terlalu sulit dan prosesnya juga tidak terlalu rumit. Namun memang untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang sesuai dengan keinginan tentunya harus melalui beberapa eksperimen terlebih dahulu. Karena abang-abang penjual kue cubit pun tidak langsung mahir, mereka bisa membuat kue cubit yang enak karena telah memiliki pengalaman yang cukup lama dan tentunya membuatnya setiap hari. Maka jangan putus asa jika kita gagal saat mencobanya pertama kali.

Secara umum, adonan kue cubit sebetulnya ada dua versi yang dibedakan menurut bahan pengembang yang digunakan. Ada yang menggunakan bahan pengembang organik yaitu berupa ragi instan dan ada juga yang menggunakan pengembang kimiawi. Penggunaan pengembang organik mengharuskan adonan diinkubasi terlebih dahulu sehingga memerlukan waktu yang cukup lama. Penggunaannya pun tidak secara langsung melainkan menggunakan adonan biang sehingga kue cubit tidak meninggalkan aroma ragi. Sementara yang menggunakan bahan pengembang kimiawi, proses pembuatan adonan menjadi lebih singkat seperti yang kita gunakan kali ini.

Resep Kue Cubit Abang-Abang dengan Topping Oreo

Seperti judulnya, kali ini kita akan mencoba membuat kue cubit ala abang-abang menggunakan topping berupa potongan biskuit Oreo. Sebetulnya, topping bisa lebih kita variasikan lagi sesuai selera sehingga lebih variatif dan menggugah selera. Dan agar terkesan modern, gunakan topping yang berupa jajanan modern dipadukan dengan kue cubit yang telah eksis lebih dulu sehingga kesannya lebih mengarah ke modern retro. Berikut bahan-bahan yang kita perlukan.

Bahan Resep Kue Cubit Abang-Abang

  1. 200 gr tepung terigu protein sedang
  2. 150 gr gula pasir
  3. 150 ml susu cair
  4. 75 gr margarin, lelehkan
  5. 2 btr telur ayam
  6. 1 sdt baking powder
  7. 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan Topping

  1. biskuit Oreo, remukkan atau yang lainnya sesuai selera

Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang

  1. Ayak tepung terigu bersama dengan baking powder, sisihkan.
  2. Kocok telur bersama dengan gula pasir dan vanili bubuk menggunakan mixer atau bisa juga menggunakan balloon whisk. Kocok kingga berbuih, lebih bagus hingga mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Masukkan margarin cair kemudian tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Perlu diperhatikan, susu cair juga berfungsi untuk menyesuaikan tekstur adonan sehingga tambahkan saja seperlunya. Tekstur adonan yang ideal untuk kue cubit adalah adonan yang bisa dituang namun tidak terlalu encer. Sampai disini adonan hampir siap, diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Untuk memudahkan mencetak adonan nantinya, masukkan adonan kedalam teko plastik kecil.
  5. Panaskan cetakan kue cubit pada api kecil hingga benar-benar panas, olesi dengan margarin untuk setiap lubangnya.
  6. Tuangkan adonan kue cubit kadalam setiap lubang cetakan hingga hampir penuh. Beri topping berupa potongan biskuit Oreo ditengahnya kemudian tutup dan biarkan hingga matang, angkat. Jika kalian suka yang setengah matang, angkat kue cubit setelah pinggirannya matang namun tengahnya masih basah.
  7. Nikmati kue cubit selagi hangat.
Ternyata cara membuat kue cubit abang-abang cukup mudah bukan? Kunci keberhasilan dalam membuat kue cubit yang sesuai dengan selera adalah dengan banyak bereksperimen dan jam terbang yang tinggi seperti abang-abang penjualnya. Karena mereka juga mahir karena telah terbiasa. Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep kue cubit abang-abang dengan topping Oreo? Salam Jajan Pinggiran!

Ini Dia Resep Menarik Lainnya yang Layak Dicoba

Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy
Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi
Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Kuning Manis
Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa
Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng
Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang Topping Oreo
4/ 5
Oleh