Resep dan Cara Membuat Asinan Sayur Bumbu Kacang

Resep Asinan Sayur Bumbu Kacang - Salah satu jenis asinan yang cukup digemari adalah asinan sayur, asinan ini menyajikan sayuran segar ditambah dengan sawi asin yang memiliki cita rasa unik. Makanan ini terkenal juga dengan istilah asinan Betawi karena memang banyak ditemukan di daerah adat Betawi. Yang lebih unik lagi, asinan sayur juga terkadang disajikan dengan tambahan bumbu kacang yang memiliki cita rasa lebih komplit. Penasaran dengan rasanya? Yuk kita buat aja sendiri di rumah, mudah ko!
Resep Asinan Sayur Bumbu Kacang, Cara Membuat Asinan Sayur Bumbu Kacang
sumber gambar : food.detik.com
Pada dasarnya, asinan dibuat dengan cara yang cukup sederhana dan tidak terlalu ribet. Cara membuat asinan sayur bumbu kacang juga demikian, karena kita hanya memasak bumbunya saja sementara bahan-bahan sayurannya disajikan begitu saja. Yang penting, sayuran kita cuci bersih terlebih dahulu sehingga lebih higienis.

Dalam proses pembuatannya, yang terlebih dahulu kita persiapkan adalah membuat bumbu-bumbunya. Bumbu kacang ini bisa kita buat secara langsung dengan cara menghaluskan semua bahan kemudian disajikan begitu saja. Jika ingin lebih gurih, maka bumbu kacang bisa kita masak terlebih dahulu dengan cara ditumis. Prosesnya tidak memerlukan waktu lama, yang penting semua bahan matang merata.

Selanjutnya, kita juga mempersiapkan saus gulanya. Saus gula yang digunkan dalam asinan sayur bumbu kacang memiliki tekstur yang kental. Untuk itu, kita cukup menggunakan sedikit air atau bisa juga menambahkan sedikit larutan tepung maizena. Sebetulnya saus gula ini bersifat opsional, karena terkadang beberapa penjual asinan sayur juga tidak menyertakannya.

Setelah semua bahan siap, maka kita tinggal menyajikannya saja tanpa perlu proses masak memasak lagi. Semua bahan sayur ditata sedemikian rupa kemudian tinggal disiram dengan bumbu kacang dan saus gula. Rasanya unik, antara asin, manis, asam dan pedas berpadu menjadi satu. Intnya cuma satu, enak banget.

Resep Asinan Sayur Bumbu Kacang

Biasanya, asinan sayur bumbu kacang tidak menggunakan sawi segar melainkan sawi yang sudah diasinkan. Dari sini pula rasa asin dan asam yang cukup dominan didapat. Biasanya sawi asin mudah di peroleh di warung sayuran daerah Jakarta dan Tangerang dalam bentuk jadi.

Sementara untuk sayuran lainnya, kita menggunakan sayuran segar seperti wortel yang diserut kasar sehingga berbentuk seperti batang koreng api namun sedikit lebih halus. Sayuran lainnya adalah daun kol yang dibuang tulangnya, mentimun dan toge. Berikut bahan-bahan lainnya secara lengkap.

Bahan Resep Asinan Sayur Bumbu Kacang

  1. 100 gr sawi asin, potong-potong
  2. 2 btg wortel, serut kasar
  3. 6 lbr daun kol, buang tulangnya, iris halus
  4. 1 bh mentimun, potong dadu
  5. 1 genggam toge
  6. 2 bh tahu, potong dadu
  7. 2 bh kerupuk mie, goreng
  8. kacang tanah goreng secukupnya, untuk pelengkap

Bahan Bumbu Kacang

  1. 50 gr kacang tanah goreng, haluskan
  2. 2 sdm gula jawa
  3. 3 sdm cuka
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. air secukupnya
  7. minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 3 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 4 bh cabe merah keriting
  4. 5 bh cabe rawit
  5. 1 sdm ebi sangrai

Bahan Saus Gula

  1. 100 gr gula jawa, sisir halus
  2. 1/2 gelas air

Cara Membuat Asinan Sayur Bumbu Kacang

  1. Sebagai langkah pertama, kita akan membuat saus kacangnya terlebih dahulu. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
  2. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, gula jawa, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Tuangkan air secukupnya, masak hingga saus kacang meletup-letup dan gula jawa larut. Cicipi dulu rasanya, jika dirasa ada bumbu yang kurang maka tinggal ditambah lagi secukupnya.
  4. Terakhir, masukkan cuka masak. Masak beberapa saat sambil diaduk-aduk kemudian angkat. Sisihkan terlebih dahulu sementara kita lanjut membuat saus gulanya.
  5. Didihkan air bersama dengan gula jawa yang telah disisir halus. Gunakan air sedikit saja, kurang lebih 1/2 gelas agar diperoleh saus gula yang kental. Masak hingga gula jawa larut, angkat.
  6. Semua bahan telah siap, kita bisa langsung menyajikan asinan sayurnya. Tata didalam piring saji bahan-bahan seperti sawi asin, wortel serut, irisan kol, potongan mentimun, toge dan potongan tahu.
  7. Remukkan kerupuk mie, taburkan diatas sayuran. Taburkan juga kacang tanah goreng. Siram asinan sayur dengan saus kacang dan saus gulanya.
  8. Asinan sayur bumbu kacang siap dinikmati.
Resep asinan sayur bumbu kacang kita kali ini menggunakan sawi asin yang mungkin di beberapa daerah akan sulit didapat. Untuk itu, sebagai alternatifnya bisa kita buat sendiri di rumah.

Untuk membuat sawi asin, sawi yang digunakan adalah sawi pahit yang direbus sebentar hingga layu. Berikut bahan-bahannya.

Bahan Sawi Asin

  1. 200 gr sawi pahit
  2. 200 ml cuka masak
  3. 1 sdm garam
  4. 2 sdm gula pasir
  5. air matang secukupnya

Cara Membuat Sawi Asin

  1. Rebus sawi pahit hingga layu, kurang lebih selama 1-2 menit. Angkat kemudian siram dengan air dingin, tiriskan.
  2. Buat air rendamannya dengan cara mencampurkan cuka masak, garam, gula pasir dengan air matang secukupnya.
  3. Rendam sawi yang telah direbus tersebut selama kurang lebih 2-3 hari didalam lemari es.
Cara membuat asinan sayur bumbu kacang sebetulnya cukup mudah dan sederhana. Namun jika ingin menggunakan sawi asin, sebaiknya kita persiapkan dulu sebelumnya karena membuatnya memerlukan waktu yang cukup lama. Kecuali jika kita menggunakn sawi asin yang sudah jadi. Nah, selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran !
Resep dan Cara Membuat Asinan Sayur Bumbu Kacang
4/ 5
Oleh