Resep dan Cara Membuat Risoles Mayonaise Sosis Sederhana

Resep Risoles Mayo Sosis - Risoles mayonaise atau yang juga sering disebut risoles mayo merupakan salah satu variasi dari risoles biasa atau risoles klasik. Jika risoles biasa pada umumnya berisi sayuran atau bahan tradisional lainnya, maka cemilan yang satu ini bisa dibilang sedikit modern. Isian yang digunakan adalah paduan beberapa bahan yang dilengkapi dengan saus mayones untuk mendapatkan cita rasa gurih.

Dan seperti resep yang akan kita coba kali ini yaitu risoles mayonaise sederhana dengan tambahan isian berupa sosis dan telur puyuh rebus. Kalian tertarik membuatnya? Yuk simak selengkapnya berikut ini!
Resep Risoles Mayo Sosis, Cara Membuat Risoles Mayonaise Sederhana
Resep Risoles Mayo Sosis
Pada dasarnya, cara membuat risoles mayonaise sederhana hampir tidak berbeda dengan proses pembuatan risoles biasa pada umumnya. Perbedaan utamanya terletak pada bahan isian yang digunakan. Sementara untuk pembuatan kulit, kita lakukan seperti biasa layaknya membuat risoles klasik.

Sebagai langkah pertama, untuk membuat risoles tentunya kita harus mempersiapkan kulitnya terlebih dahulu. Kulit ini kita buat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur dan margarin agar kulit tidak lengket saat dicetak nantinya.

Untuk membuat adonan kulit, disini kita menggunakan susu cair tawar atau susu UHT. Jika tidak ada, kalian bisa menggunakan air biasa atau bisa juga menggunakan santan encer agar lebih gurih. Tambahkan sampai teksturnya cukup encer sehingga mudah untuk diratakan dan dilebarkan nantinya.

Setelah adonan siap, kulit risoles selanjutnya bisa kita cetak. Untuk memudahkan, gunakan pan atau wajan datar anti lengket sehingga lebih mudah untuk diratakan. Jika menggunakan wajan anti lengket, kita tidak perlu mengoleskan minyak atau margarin, karena justru akan membuat kulit risoles bergelembung. Namun jika tidak ada pan, kita bisa menggunakan wajan biasa dengan cara mengolesinya terlebih dahulu menggunakan minyak atau margarin.

Resep Risoles Mayo Sosis Sederhana

Sebagai bahan isian, disini kita menggunakan telur puyuh yang sudah direbus bersama dengan sosis dan keju cheddar parut. Tentunya untuk isian ini bersifat opsional ya, selain bahan tersebut bisa juga diganti menggunakan bahan lainnya sesuai selera. Misalnya saja udang, daging asap, telur ayam dan lainnya yang penting sehat dan lezat.

Untuk isian, dikarenakan bahannya sudah matang jadi kita tidak perlu memasaknya terlebih dahulu. Cukup tata isian diatas kulit dan selanjutnya tinggal digulungkan dan digoreng. Tambahkan bahan pelapis agar risoles lebih cantik dan teksturnya lebih keriuk.
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

Bahan Resep Risoles Mayo Sosis

  1. 200 gr tepung terigu serbaguna
  2. 350 ml susu cair (+/- 2 gelas sedang)
  3. 3 sdm margarin, cairkan
  4. 1 btr telur ayam
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. minyak untuk menggoreng

Bahan Isian

  1. 200 gr mayonaise
  2. 6 btg sosis, cincang dadu
  3. 10 bh telur puyuh rebus, belah 4 bagian
  4. 50 gr keju cheddar parut

Bahan Pelapis

  1. 1 btr telur ayam, kocok lepas
  2. tepung roti kasar secukupnya

Cara Membuat Risoles Mayonaise Sederhana

  1. Sebagai langkah pertama pembuatan risoles, tentunya kita harus membuat kulitnya terlebih dahulu. Campurkan tepung terigu, susu cair, telur ayam, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata menggunakan balloon whisk hingga semua bahan tercampur merata dan tidak menyisakan gumpalan.
  2. Masukkan margarin cair, kemudian aduk lagi hingga merata. Sesuaikan tekstur adonan dengan menambahkan susu cair secukupnya atau bisa juga ditambah air matang. Untuk membuat kulit risoles diperlukan adonan yang sedikit encer sehingga mudah dilebarkan saat pembuatan kulit. Setelah adonan siap, diamkan dulu beberapa saat agar adonan benar-benar menyatu, kurang lebih 10-15 menit.
  3. Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil, tuangkan 1 sendok sayur adonan kemudian lebarkan dengan cara memiringkan pan dengan gerakan memutar. Bisa juga dengan cara diratakan menggunakan sendok sayur dengan gerakan memutar.
  4. Tunggu beberapa saat hingga kulit risoles matang. Tandanya yaitu bagian atas kulit mengering atau sudah tidak lengket ketika disentuh. Angkat. Buat lagi kulit risoles hingga semua adonan habis.
  5. Sekarang saatnya memberi isian, siapkan bahan isian berupa sosis cincang, potongan telur puyuh rebus dan keju cheddar parut, kemudian tata diatas kulit risoles.
  6. Gulungkan kulit risoles sesuai kinginan. Bisa digulungkan dengan bentuk bulat memajang atau bisa juga dibentuk segi tiga. Lakukan hingga semua kulit dan isian habis.
  7. Celupkan risoles kedalam kocokan telur, setelah itu gulingkan diatas tepung roti kasar hingga seluruh permukaannya terselimuti. Sampai disini risoles sudah siap goreng, bisa juga disimpan dalam lemari es untuk digoreng kapan saja.
  8. Untuk menggorengnya, goreng risoles seperti biasa hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
  9. Sajikan risoles mayonaise selagi hangat bersama dengan cabe rawit atau saus sambal.
Mmmmm yummy, kebayang kan rasanya? Cara membuat risoles mayonaise sederhana memang sesederhana kelihatannya. Karena kita menggunakan bahan-bahan yang siap saji, maka untuk isiannya tidak perlu kita masak terlebih dahulu sehingga lebih praktis. Waktu pembuatannya juga relatif lebih cepat dibanding membuat risoles biasa dengan isian sayuran atau bihun.

Nah bagaimana, kalian tertarik mencoba resep risoles mayo sosis ini di rumah?Atau ingin mencoba dengan isian lainnya? Apapun itu, selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran !
Resep dan Cara Membuat Risoles Mayonaise Sosis Sederhana
4/ 5
Oleh