Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan - Belakangan ini memang sedang populer variasi pempek yang diberi nama pempek sutra. Disebut sutera, karena tekstur dari pempek ini bisa dibilang selembut sutera.

Jika pempek biasa memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit alot, tidak dengan pempek sutra. Tekstur lembut didapat karena pempek ini menggunakan adonan yang sedikit encer. Berbeda dengan adonan pempek biasa yang kenyal.
Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan, Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan
Pempek Sutra
>> Resep dan Cara Membuat Cireng Isi Sosis Pedas
Nah pada resep kali ini, kita akan membuat pempek sutra dos alias tanpa menggunakan daging ikan. Cara membuat pempek sutra tanpa ikan ini sangat mudah, murah dan yang pastinya lezat. Yuk langsung saja kita simak selengkapnya!

Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan

Bagi penggemar pempek dos, pempek sutra tanpa ikan ini dijamin bakal membuat ketagihan. Karena teksturnya yang 'selembut sutra' berpadu dengan kuah cuko yang menyegarkan. Sebagai pengganti daging ikan, kita bisa menggunakan udang. Daging udang tidak menyisakan bau amis layaknya daging ikan.

CATATAN: Jika kalian tidak suka udang, kalian bisa menggantinya dengan telur ayam. Untuk kaldu udangnya, bisa diganti dengan larutan kaldu biasa. Rasanya tetap enak ko, dan tentunya lebih ekonomis.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep pempek sutra tanpa ikan kali ini. Silahkan simak cara membuat pempek sutra tanpa ikan melalui step by step yang akan disertakan berikut ini untuk lebih detailnya.
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan

Bahan Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan

  1. 150 gr udang segar
  2. 1 gelas tepung sagu / tapioka
  3. 1 gelas tepung terigu
  4. 1 btg daun bawang, rajang halus
  5. 5 siung bawang putih
  6. garam secukupnya
  7. kaldu bubuk secukupnya
  8. 5 lbr daun jeruk
  9. 1 1/2 gelas air

Bahan Kuah Cuko

  1. 50 gr gula jawa, sisir halus
  2. 1 sdm ebi sangrai
  3. 10 bh cabe rawit
  4. 3 siung bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 1 sdt asam jawa
  7. garam secukupnya
  8. 1 gelas air

Bahan Pelengkap

  1. mentimun, cacah
  2. sambal

Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

  1. Cuci bersih udang dan pisahkan kepalanya. Kupas udang dan ambil dagingnya saja. Sisihkan.
  2. Rebus kepala udang bersama dengan 1 1/2 gelas air dan daun jeruk. Rebus hingga kaldunya keluar. Dinginkan, saring dan sisihkan.
  3. Blender daging udang bersama dengan bawang putih hingga lumat. Tuangkah ke wadah.
  4. Masukkan tepung tapioka, tepung terigu dan daun bawang. Jangan lupa bubuhkan garam dan kaldu bubuk secukupnya sesuai selera.
  5. Tuangkan 1 gelas kaldu udang dan aduklah hingga membentuk adonan. Adonan untuk pempek sutra yang ideal adalah adonan yang bisa dituang tetapi tidak terlalu encer.
  6. Masukkan adonan  pempek sutra kedalam plastik yang biasa digunakan untuk membuat es mambo. Gunakan corong untuk memudahkan.
  7. Didihkan air didalam panci. Rebus adonan pempek sutra yang sudah dibungkus plastik es hingga matang dan padat. Angkat dan dinginkan.
  8. Keluarkan pempek sutra dari plastiknya. Potong-potong sesuai selera dan goreng hingga matang.
  9. Membuat kuah cuko: satukan semua bahan untuk kuah cuko. Didihkan hingga semua bahan larut. Angkat dan saring.
  10. Sajikan pempek sutra bersama dengan kuah cuko, cacahan mentimun dan sambal.
>> Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
Bagaimana, cara membuat pempek sutra tanpa ikan ternyata sangat gampang bukan? Tidak perlu membentuknya menjadi bulatan atau melonjongkannya. Pada saat direbus juga lebih rapi, karena menggunakan pembungkus dan tidak menyatu satu sama lain.

Resep pempek sutra tanpa ikan ini menggunakan udang sebagai penggantinya. Udang tidak menyisakan bau amis seperti ikan, namun jika kalian tidak suka maka tinggal di skip saja.

Jika tidak suka / tidak ada udang, gunakan teur sebagai penggantinya. Untuk kaldu udang, bisa diganti dengan larutan kaldu biasa. Selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan
4/ 5
Oleh