Resep dan Cara Membuat Mie Basah Sendiri di Rumah dengan Mudah

Resep Mie Basah Kenyal - Beredarnya mie yang mengandung bahan-bahan berbahaya tentunya membuat kita khawatir. Terutama bagi penikmat mie, jadi sering paranoid apakah mie yang kita konsumsi tersebut aman atau tidak.

Mungkin masih banyak penjual mie yang terpercaya, namun kadang kala kita tidak terlepas dari rasa kuatir. Bagi yang memiliki banyak waktu senggang, pilihannya adalah membuat mie sendiri di rumah.
Resep Mie Basah Kenyal, Cara Membuat Mie Basah Sendiri
Mie Basah Rumahan / bangbakmi.com
>> Resep dan Cara Membuat Arem-Arem Mie Pedas Isi Sayuran
Nah, bagi kalian yang ingin coba-coba membuat sendiri mie basah, tulisan kali ini akan membahas seputar pembuatan mie basah. Cara membuat mie basah sendiri sebetulnya sangat mudah. Dengan catatan, kita wajib memiliki alat penunjang berupa gilingan mie. Yuk simak!

Resep Mie Basah Kenyal dan Lentur

Baik mie basah maupun mie kering, sama-sama terbuat dari tepung terigu. Jenis tepung yang digunakan untuk membuat mie adalah tepung terigu berprotein tinggi. Jenis mie ini memiliki kadar gluten paling tinggi sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kenyal dan lentur.

Yuk langsung saja kita simak, bahan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk resep mie basah kenyal kali ini. Kalian juga bisa menyimak cara membuat mie basah sendiri di rumah melalui step by step yang akan disertakan dibawah ini.
>> Resep dan Cara Membuat Mie Hijau Sayuran Spesial

Bahan Resep Mie Basah Kenyal

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 2 sdm tepung tapioka / sagu
  3. 1 btr telur
  4. 1 sdt garam
  5. 2-3 sdm minyak goreng
  6. air untuk merebus

Cara Membuat Mie Basah Sendiri di Rumah dengan Mudah

  1. Campur tepung terigu dan tepung tapioka, aduk rata. Akan lebih baik jika pencampuran dilakukan sambil diayak, sehingga kedua jenis tepung bisa tercampur merata.
  2. Masukkan telur dan garam. Aduk rata kemudian uleni adonan hingga menggumpal dan setengah kalis, cirinya yaitu adonan tidak lengket di tangan. Tidak perlu sampai kalis ya, karena nanti juga adonannya akan kita giling.
  3. Giling adonan di gilingan mie berulang kali hingga adonan halus dan kalis. Giling mulai dari ketebalan paling tebal hingga ketebalan kurang lebih 2mm. Biasanya, menggunakan ukuran penggilingan nomor 1 hingga nomor 4.
  4. Setelah adonan halus, potong menggunakan gilingan pemotong mie dengan ukuran standar. Agar lembaran mie tidak saling menyatu satu sama lain, taburi mie menggunakan tepung tapioka atau tepung terigu.
  5. Siapkan panci, didihkan air bersama dengan 2 sendok makan minyak goreng. Setelah mendidih, masukkan mie dan rebus mie hingga matang atau selama kurang lebih 3 menit.
  6. Setelah 3 menit, angkat mie segera agar tidak melar, tiriskan segera.
  7. Beri 1-2 sendok makan minyak goreng untuk menjaga mie tetap lembab. Kini mie basah telor sudah siap digunakan.
>> Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana Telur Orak-Arik
Bagaimana, gampang bukan? Untuk membuat mie, kita wajib memiliki alatnya yang berupa gilingan mie. Jika tidak, prosesnya bisa sangat merepotkan apalagi bagi pemula.

Mie ini cocok untuk disajikan bersama bakso, dibuat mie goreng, mie ayam atau olahan berbahan mie basah lainnya. Tentunya juga lebih sehat tanpa bahan pengawet. Selamat mencoba ya, salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Mie Basah Sendiri di Rumah dengan Mudah
4/ 5
Oleh