Resep dan Cara Membuat Arem Arem Mie Pedas Isi Sayuran

Resep Arem Arem Mie - Arem-arem biasanya terbuat dari beras dengan isian yang beragam, namun terkadang juga arem-arem terbuat dari mie dengan isian yang beragam pula. Seperti kali ini, kita akan mencoba bereksperimen membuat arem-arem yang terbuat dari mie. Bagaimana rasanya? Jangan ditanya, arem-arem mie juga tak kalah enak apalagi dengan cita rasa yang pedas dijamin menggugah selera. Ingin mencoba membuatnya di rumah, simak terus berikut ini ya!
Resep Arem Arem Mie, Cara Membuat Arem Arem Mie
Resep Arem Arem Mie
Cara membuat arem arem mie sebetulnya tidak berbeda dengan arem-arem yang berbahan dasar beras. Bedanya hanya terletak pada bahan dasar yang digunakan serta cara pengolahannya. Jika beras diaroni, sementara mie cukup direbus hingga melar sehingga teksturnya menjadi lunak. Untuk memudahkan, sebaiknya mie diremukkan terlebih dahulu namun jangan terlalu halus agar hasilnya nanti lebih bertekstur. Agar lebih gurih dan bercita rasa, kita akan menggunakan santan untuk merebus mie.

Sementara untuk bahan isian, arem-arem mie bisa menggunakan isian apa saja sesuai selera kita. Pada resep kita kali ini, kita menggunakan bahan isian berupa sayuran seperti wortel, kentang, buncis dan bawang bombay. Sayuran ditumis terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu sehingga memiliki cita rasa yang lebih lezat. Dengan begitu, maka dijamin arem-arem buatan kita kali ini lebih maknyus dan tantunya menggugah selera.

Resep Arem Arem Mie Isi Sayuran

Mie yang kita gunakan sebagai bahan dasar arem-arem kita kali ini adalah jenis mie kering. Sementara untuk mie basah akan lebih lama lunaknya. Untuk mienya itu sendiri, kita bisa menggunakan mie kemasan atau bahkan bisa juga menggunakan mie instan.

Dan bagi kalian yang doyan pedas, arem-arem mie akan lebih enak jika ditambahkan isian berupa potongan cabe rawit. Selain itu, isian kita buat dengan tambahan cabe rawit pada bumbu halus sehingga rasanya menjadi lebih nendang. Berikut bahan-bahannya.

Bahan Resep Arem Arem Mie

  1. 2 bks mie telor, remukkan
  2. 500 ml santan
  3. 1 btr telur, kocok
  4. 2 lbr daun salam
  5. 1 btg serai, memarkan
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt kaldu bubuk
  8. 1/2 sdt lada bubuk
  9. daun pisang dan semat secukupnya untuk pembungkus

Bahan Isian

  1. 1 btg wortel, cincang dadu kecil-kecil
  2. 1 bh kentang, cincang dadu kecil-kecil
  3. 1 bh bawang bombay, cincang kotak kecil-kecil
  4. 5 bh buncis, iris pendek
  5. 2 lbr daun salam
  6. 1 btg serai, memarkan
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt kaldu bubuk
  9. 1 sdt gula pasir
  10. 1/2 sdt lada bubuk
  11. minyak untuk menumis
  12. sedikit air
  13. cabe rawit secukupnya

Bumbu Halus Untuk Isian

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 bh cabe merah, buang biji
  4. 6 bh cabe rawit
  5. 2 btr kemiri

Cara Membuat Arem Arem Mie Isi Sayuran

  1. Didihkan santan bersama dengan telur kocok, daun salam, serai, garam, kaldu bubuk dan lada bubuk sambil diaduk agar telur larut dan tidak membentuk gumpalan.
  2. Masukkan mie, masak sambil diaduk-aduk hingga mie melar serta santan menyusut dan kering meresap kedalam mie. Hasil yang didapat nantinya mie menjadi melar dan lunak. Angkat dan sisihkan.
  3. Saatnya membuat isian, tumis bumbu halus hingga harum bersama dengan bawang bombay, daun salam dan serai.
  4. Masukkan wortel, kentang dan buncis. Tumis hingga sayuran agak layu.
  5. Tuangkan sedikit air, beri garam, kaldu bubuk, gula pasir dan lada bubuk. Masak hingga air menyusut dan matang. Angkat.
  6. Siapkan daun pisang, potong kira-kira selebar telapak tangan atau lebihkan sedikit sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.
  7. Taruh 2 sendok makan mie yang tadi kita buat, ratakan hingga melebar. Taruh 1 sendok makan isian ditengahnya dan lebarkan memanjang, beri juga 1 buah cabe rawit ditengahnya. Gulungkan daun pisang sehingga berbentuk bulat lonjong. Beri semat di kedua ujungnya atau gunakan staples biar lebih praktis. Lakukan langkah yang sama hingga mie dan isian habis.
  8. Kukus arem arem mie selama kurang lebih 20-30 menit.
  9. Angkat dan sajikan arem arem mie selagi hangat.
Wah, sangat menggugah selera bukan? Arem-arem mie paling enak disantap selagi hangat bersama dengan saus sambal atau cabe rawit sehingga pedasnya lebih mantap. Dan tentunya, cocok dinikmati di setiap suasana sebagai cemilan yang mengenyangkan. Kalian tertarik untuk mencicipinya? Bikin di rumah selagi senggang tidak ada salahnya kan!

Resep arem arem mie ini bisa menghasilkan sekitar 10-15 buah arem arem tergantung ukuran setiap buahnya. Cara membuat arem arem mie juga sangat gampang sehingga bisa kita variasikan sesuai selera. Selamat mencoba! Salam Jajan Pinggiran!

Yuk Coba Resep Menarik Lainnya!

Resep dan Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram
Resep dan Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana
Resep dan Cara Membuat Nugget Udang Sayur Gurih
Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy
Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi
Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Kuning Manis
Resep dan Cara Membuat Arem Arem Mie Pedas Isi Sayuran
4/ 5
Oleh