Resep dan Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana Ala Jepang

Resep Okonomiyaki Sederhana - Okonomiyaki adalah jajanan khas Jepang yang kini semakin populer di Indonesia. Cara membuat okonomiyaki sederhana yang ternyata cukup mudah menjadikan makanan ini semakin populer dan kini telah dikenal hingga ke masyarakat bawah.

Pada mulanya, di negara kita makanan ini hanya bisa ditemui di restoran-restoran yang menyediakan menu makanan Jepang. Tetapi kini okonomiyaki sudah semakin dikenal seiring perkembangan teknologi informasi dan gaya hidup masyarakat yang semakin modern.
Resep Okonomiyaki Sederhana, Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana
sumber : www.hungrybrownie.com
Cara membuat okonomiyaki sederhana sebetulnya memiliki dua versi yaitu versi daerah Kansai dan versi daerah Hiroshima. Perbedaan diantara keduanya terletak pada cara penggunaan isian.

Untuk versi Kansai, isian disatukan bersama dengan adonan seperti yang kita buat kali ini. Sementara untuk versi Hiroshima, isian dimasukkan saat adonan digoreng dan lebih terlihat seperti topping.

Bahan dan resep okonomiyaki sederhana modern sebetulnya lebih beragam. Isian tidak melulu harus menggunakan daging atau sayuran, di daerah asalnya okonomiyaki versi modern lebih fleksibel.

Isian bisa menggunakan mie, kerang, tenkasu dan masih banyak lagi bahan lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera. Begitu juga dengan penggunaan saus, jaman sekarang lebih disesuaikan guna mengikuti selera penikmatnya.

Resep Okonomiyaki Sederhana Ala Jepang

Meski terdengar rumit, cara membuat okonomiyaki sebetulnya cukup mudah. Kalian yang sering menikmati makanan-makanan khas Jepang mungkin familiar dengan istilah-istilah bahan yang digunakan disini seperti katsuobushi, dashi, beni shoga, atau pun nori.

Namun bagi kalian yang baru mendengar istilah tersebut mungkin kebingungan karena banyak terdapat bahan-bahan yang aneh. Namun sebenarnya bahan-bahan tersebut bisa digantikan dan disesuaikan dengan ketersediaan di daerah kita. Berikut penjelasan singkatnya.

Dashi

Di negara asalnya, dashi merupakan sejenis kaldu yang terbuat dari katsuobushi yang direbus dengan sejumlah air. Katsuobushinya sendiri nantinya disaring dan diambil air kaldunya saja. Untuk menggantikannya, kita bisa menggunakan kaldu cair dari ikan, ayam atau daging.

Katsuobushi

Bahan yang satu ini bisa didapatkan di pasar-pasar modern yang menjual bahan-bahan makanan Jepang. Katsuobushi adalah ikan tuna atau ikan cakalang kering yang diserut sangat tipis sehingga berbentuk mirip seperti sisa serutan kayu atau pensil.

Saus Okonomiyaki

Saus ini bisa didapatkan di toko makanan Jepang atau bisa juga kita membuatnya. Bahannya antara lain saus tomat, shoyu (kecap ala Jepang), saus tiram dan gula pasir. Rebus semua bahan tersebut dan tambahkan sedikit tepung maizena agar saus menjadi kental.

Beni Shoga

Di negara kita, makanan ini mungkin mirip dengan acar. Hanya saja, beni shoga terbuat dari jahe merah yang masih muda. Jika tidak suka, sebaiknya bahan ini tidak usah kita pergunakan.

Nori

Olahan rumput laut yang dikeringkan hingga mirip lembaran kertas namun rapuh. Nori banyak tersedia di mini market.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat okonomiyaki beserta langkah-langkah pembuatannya secara lengkap.
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

Bahan Resep Okonomiyaki Sederhana

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 150 gr bahan isian (bisa daging sapi cincang, udang, cumi dan lainnya sesuai selera)
  3. 150 gr kol, iris halus
  4. 1 bh bawang bombay, iris halus
  5. 1 btg wortel, iris halus
  6. 1 btg daun bawang, iris pendek
  7. 4 btr telur, kocok lepas
  8. 300 ml dashi atau bisa juga kaldu cair
  9. 1/2 kaldu bubuk
  10. garam secukupnya
  11. minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan Pelengkap

  1. 2 lbr nori, remas-remas
  2. saus okonomiyaki, secukupnya
  3. katsuobushi, secukupnya
  4. mayones, secukupnya
  5. beni shoga, secukupnya

Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana

  1. Ayak tepung terigu dalam wadah. Tuang kaldu cair (bisa juga menggunakan dashi) secara perlahan sambil diaduk agar tepung tidak menggumpal.
  2. Masukkan bahan lainnya seperti isian (boleh daging, udang atau lainnya sesuai selera), kol, bawang bombay, wortel, daun bawang dan jangan lupa beri kaldu bubuk dan garam secukupnya.
  3. Terakhir tuang telur yang sudah dikocok lepas sambil diaduk secara perlahan. Pengadukan tidak usah terlalu kuat karena nanti hasilnya menjadi kurang bagus (sedikit alot), yang penting asal tercampur saja. Dan kini adonan telah siap.
  4. Siapkan penggorengan datar anti lengket, panaskan minyak kurang lebih 4 sendok makan.
  5. Tuang setengah dari jumlah adonan agar tidak terlalu tebal. Masak hingga bagian bawahnya matang dan setelah itu balikkan untuk mematangkan bagian atasnya. Agar hasilnya bagus dan tidak berantakan/retak, gunakan dua buah spatula untuk membalikannya.
  6. Setelah kedua belah permukaan matang, angkat dan taruh di piring saji. Goreng sisa adonan lainnya seperti cara diatas hingga matang.
  7. Untuk menyajikannya, taburi okonomiyaki dengan nori yang sudah diremas-remas dan katsuobushi. Hiasi dengan saus mayones, saus okonomiyaki dan beni shoga.
  8. Nikmati okonomiyaki hangat-hangat agar lebih mantap.
Bagaimana, cara membuat okonomiyaki sederhana ternyata cukup mudah kan? Resep okonomiyaki sederhana ini telah melalui sedikit adaptasi agar bahan-bahan yang sulit diperoleh bisa digantikan dengan bahan lainnya namun masih memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda.

Bagi yang tinggal di kota besar mungkin tidak akan kesulitan menemukan bahan-bahan tersebut. Namun bagi yang tinggal di daerah, solusinya dengan cara memodifikasi resep sehingga didapatkan bahan lain yang tidak jauh berbeda. Selamat mencoba...!

Coba Resep Menarik Lainnya Yuk!

Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Arem Arem Mie Pedas Isi Sayuran
Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
Resep dan Cara Membuat Acar Kuning Timun Wortel
Resep dan Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram
Resep dan Cara Membuat Nugget Udang Sayur Gurih
Resep dan Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana Ala Jepang
4/ 5
Oleh