Resep dan Cara Membuat Nugget Udang Sayur Gurih dan Praktis

Resep Nugget Udang Sayur - Seperti ayam dan ikan, udang juga lazim dibuat nugget dengan cita rasa yang tak kalah enak dan malah lebih gurih. Udang yang kaya akan asam lemak tak jenuh ini baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. Kandungan omega 3 dan omega 6 yang dimilikinya membuatnya sering dijadikan sumber asupan protein yang sehat disamping ikan.
Resep Nugget Udang Sayur, Cara Membuat Nugget Udang Sayur
Resep Nugget Udang Sayur
Cara membuat nugget udang sayur bisa dibilang relatif mudah, sama seperti pembuatan nugget ayam maupun nugget ikan. Resep nugget udang sayur tidak memerlukan bumbu yang rumit, cukup bumbu dasar yang sangat sederhana seperti layaknya makanan cepat saji lainnya.

Hanya saja, disini kita harus sedikit telaten untuk mengupas kulit udang satu per satu jika daging udang kupas sulit didapat. Tipsnya, carilah udang yang memiliki ukuran cukup besar agar memudahkan pada proses pengupasan.

Untuk membuat adonan nugget udang, sebaiknya udang ditumbuk agar hasilnya lebih bagus namun prosesnya sedikit lebih lama. Biar cepat, kita bisa menggunakan blender dengan cara menggilingnya sebentar-sebentar agar tekstur yang dihasilkan tidak terlalu lembut. Karena jika terlalu lembut maka tekstur nugget nantinya terlalu halus dan kurang "greget".

Resep Nugget Udang Sayur yang Gurih Secara Praktis

Pada dasarnya nugget adalah daging giling yang diikat dengan tepung sehingga membentuk adonan padat. Disini kita menggunakan 3 jenis tepung yaitu tepung terigu, tepung sagu dan tepung panir atau tepung roti. Mungkin tepung terigu dan tepung sagu sudah biasa, disini kita menambahkan tepung roti pada adonan dengan maksud untuk membuat adonan lebih bertekstur sehingga lebih gurih dan lezat.

Tambahan lainnya adalah daun bawang dan daun seledri untuk menambah cita rasa disamping bawang merah dan bawang putih. Kita juga bisa menambahkan bahan lainnya jika suka seperti cincangan wortel, parutan keju dan lain-lain sehingga teksturnya lebih bagus dan cita rasanya lebih kaya. Berikut bahan-bahannya beserta langkah-langkah pembuatan secara lengkap.

Bahan Resep Nugget Udang Sayur

  1. 250 gr udang
  2. 3 sdm tepung terigu
  3. 3 sdm tepung sagu
  4. 3 sdm tepung roti/panir
  5. 1 btr telur ayam
  6. 2 btg wortel, cincang dadu kecil-kecil
  7. 1 btg daun bawang, iris halus
  8. 2 btg daun seledri, iris halus
  9. 4 siung bawang merah, haluskan
  10. 3 siung bawang putih, haluskan
  11. 1/2 sdt lada bubuk
  12. 1/2 sdt kaldu bubuk
  13. 1/2 sdt gula pasir
  14. garam secukupnya
  15. minyak untuk menggoreng

Bahan Lapisan Luar

  1. 1 btr telur, kocok lepas
  2. 100 gr tepung roti (+/- 1 gelas)

Cara Membuat Nugget Udang Sayur

  1. Bersihkan udang, kupas dan buang kepala beserta ekornya sehingga hanya tersisa dagingnya saja. Cuci bersih dan tiriskan sebentar.
  2. Blender kasar daging udang dengan cara memblendernya sebentar-sebentar. Jangan terlalu halus agar nanti hasilnya memiliki tekstur yang bagus.
  3. Taruh daging udang yang sudah diblender kedalam wadah. Masukkan bahan-bahan lainnya seperti tepung terigu, tepung sagu, tepung roti, telur ayam, wortel, daun bawang, daun seledri, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, lada bubuk dan kaldu bubuk. Aduk rata hingga semua bahan membentuk adonan.
  4. Kukus adonan nugget selama kurang lebih 15 menit atau hingga adonan yang tadinya lembek menjadi mengeras atau menggumpal. Angkat kemudian dinginkan beberapa saat.
  5. Potong-potong nugget sesuai selera.
  6. Celupkan potongan nugget kedalam kocokan telur kemudian gulingkan kedalam tepung roti sehingga meyelimuti seluruh permukaan nugget. Lakukan langkah yang sama pada semua potongan nugget.
  7. Masukkan nugget kedalam lemari es dan biarkan kurang lebih selama 1-2 jam agar tepung roti bisa menempel dengan sempurna dan tidak rontok ketika digoreng. Kini nugget sudah jadi dan siap digoreng kapan saja. Jika tidak langsung digoreng, simpan nugget didalam lemari es.
  8. Untuk menyajikannya, goreng nugget dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan nugget hangat-hangat bersama dengan saus sambal atau saus tomat.
Resep nugget udang sayur yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat dengan tekstur yang pas antara daging udang yang digiling kasar berpadu dengan tepung roti. Cara membuat nugget udang sayur juga terbilang praktis namun memang memerlukan waktu yang sedikit lama karena harus dimasukkan kedalam lemari es telebih dahulu.

Sebenarnya bisa saja kita menggorengnya secara langsung, namun biasanya tepung roti dan telur belum menempel dengan sempurna sehingga ketika digoreng tepung rotinya rontok. Selamat mencoba...!

Yuk Coba Resep Menarik Lainnya Berikut Ini!

Resep dan Cara Membuat Hotang Hot Dog Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Arem Arem Mie Pedas Isi Sayuran
Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
Resep dan Cara Membuat Acar Kuning Timun Wortel
Resep dan Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram
Resep dan Cara Membuat Nugget Udang Sayur Gurih dan Praktis
4/ 5
Oleh