Resep dan Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram, Mantap

Resep Tumis Kangkung Saus Tiram - Makanan tradisional yang satu ini mungkin identik dengan menu masakan pedesaan, namun kini tumis kangkung juga tersedia sebagai menu spesial di restoran-restoran kelas atas. Cara membuat tumis kangkung saus tiram yang enak dan simpel ternyata masih belum diketahui oleh banyak kalangan, mereka lebih memilih untuk memesannya saat makan di restoran ketimbang masak sendiri di rumah. Atau mungkin rasa yang didapat di restoran lebih lezat ketimbang memasak di rumah. Nah, bagi kalian yang ingin memasak tumis kangkung sendiri di rumah, simak yang berikut ini ya!
Resep Tumis Kangkung Saus Tiram, Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram
Resep Tumis Kangkung Saus Tiram
Cara membuat tumis kangkung saus tiram sebenarnya ada trik khusus sehingga didapatkan rasa yang lezat dan tidak alot. Biasanya resep tumis kangkung saus tiram hanya terpaku pada bahan-bahan yang digunakan, padahal tehnik memasak yang tepat sangat menentukan kelezatan masakan yang satu ini. Kebanyakan, orang memasak kangkung hingga kangkung benar-benar matang padahal itu akan membuatnya alot. Mungkin memang beberapa orang suka dengan kangkung yang benar-benar matang, namun terkadang kita merasa bahwa menu kangkung di restoran yang masih agak hijau ternyata lebih lezat.

Cara yang benar dalam memasak kangkung adalah dengan memasaknya tepat waktu. Saat kangkung telah layu, maka jangan sampai kita kecolongan karena kangkung bisa kehilangan warna hijaunya dengan cepat. Setelah itu, kangkung akan menjadi alot. Agar mendapatkan kematangan dan tekstur yang pas, sebaiknya kecilkan api begitu kangkung sudah layu dan segeralah angkat sebelum kehilangan warna hijaunya.

Memang beberapa sumber mengatakan jika tidak dimasak sampai benar-benar matang maka ada potensi beberapa mikro organisme yang menempel pada kangkung masih bisa bertahan hidup. Untuk itu, cucilah kangkung sampai bersih sebelum mulai memasak.

Resep Tumis Kangkung Saus Tiram Paling Top

Dalam membuat tumis kangkung, biasanya bahan yang menjadi peyedap rasanya adalah terasi. Bahan ini dapat memberikan cita rasa yang lezat dengan aroma yang khas menggugah selera. Untuk menambah cita rasa, disini kita menggunakan udang kering atau ebi bersama dengan saus tiram.

Kangkung ditumis bersama saus tiram dan ebi hingga layu agar bumbu-bumbu lebih meresap. Baru kemudian diberi air untuk melarutkan garam dan gula pasir. Beri air sedikit saja agar nanti kangkungnya tidak terlalu matang. Dan berikut ini bahan-bahannya secara lengkap beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Tumis Kangkung Saus Tiram

  1. 2 ikat kangkung, siangi dan cuci bersih
  2. 1 bh tomat, potong dadu
  3. 2 bh cabe merah, iris serong
  4. 1/2 sdm ebi, tumbuk kasar
  5. 2 sdm saus tiram
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. garam secukupnya
  8. gula pasir secukupnya
  9. air secukupnya
  10. minyak untuk menumis

Bumbu-Bumbu (Ulek Kasar)

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 bh cabe merah keriting
  4. 1 sdt terasi, goreng

Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram

  1. Tumis bumbu yang sudah diulek hingga harum bersama dengan cabe merah dan tomat.
  2. Masukkan kangkung, ebi dan saus tiram. Tumis beberapa saat hingga kangkung agak layu sehingga bumbu bisa meresap.
  3. Tuangkan sedikit air. Bubuhkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk secukupnya.
  4. Masak tumis kangkung hingga air menyusut. Agar tidak alot, tumis kangkung hendaknya jangan sampai terlalu matang atau kangkung kehilangan warna hijaunya (dimasak setengah matang). Untuk itu pencucian kangkung haruslah benar-benar higienis agar terhindar dari bahan-bahan atau mikroorganisme yang berbahaya.
  5. Sajikan kangkung bersama nasi hangat.
Mudah kan? Resep tumis kangkung saus tiram ini sebenarnya sudah banyak yang tahu, hanya saja kebanyakan caranya yang kurang tepat. Cara membuat tumis kangkung saus tiram yang lezat dan tidak alot hanyalah urusan ketepatan waktu saat memasak sehingga menentukan hasil akhir yang cukup signifikan. Selamat mencoba...! Salam Jajan Pinggiran!

Resep Menarik Berikut Ini Juga Perlu Dicoba!

Resep dan Cara Membuat Arem Arem Mie Pedas Isi Sayuran
Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
Resep dan Cara Membuat Acar Kuning Timun Wortel
Resep dan Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana
Resep dan Cara Membuat Nugget Udang Sayur Gurih
Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy
Resep dan Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram, Mantap
4/ 5
Oleh