Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Resep Donat Kentang Sederhana - Donat kentang, sesuai namanya merupakan variasi dari donat yang menggunakan tambahan bahan utama berupa kentang kukus. Tekstur donat kentang lebih lembut dan lebih berbobot karena mengandung cukup banyak air. Sementara untuk rasanya, jangan ditanya. Kelezatan donat kentang memang sudah terkenal dan terbukti dari banyaknya penyuka donat berbahan dasar umbi ini. Donat kentang memiliki aroma yang khas, membuatnya berbeda dari donat biasa pada umumnya dan lebih menggugah selera. Ingin mencoba membuat sendiri donat kentang di rumah, simak berikut ini ya!
Resep Donat Kentang Sederhana, Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Resep Donat Kentang Sederhana
Cara membuat donat kentang sederhana sebetulnya cukup mudah dan murah. Hanya saja, pembuatan adonan donat kentang menggunakan pengembang organik berupa ragi instan sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk menginkubasi mikroba yang terkandung didalamnya dan memfermentasi adonan. Adonan donat kentang harus didiamkan minimal satu jam, setengah jam sebelum adonan dibentuk dan setengah jam lagi sebelum adonan digoreng. Jika waktu inkubasi kurang, maka adonan tidak akan mengembang dengan sempurna.

Sementara untuk proses penggorengan, donat menggunakan tehnik menggoreng secara deep fry atau seluruh permukaan adonan yang digoreng harus terendam minyak. Jika tidak, maka adonan tidak akan mengembang secara sempurna dan malah bantat. Untuk media penggorengan yang digunakan, idealnya donat digoreng menggunakan minyak padat sehingga ketika dingin donat tidak akan menyisakan tetesan minyak dan teksturnya lebih garing namun empuk di bagian dalamnya. Jika minyak padat sulit didapat, gunakanlah minyak goreng kemasan. Karena jika menggunakan minyak goreng curah hasilnya kurang baik.

Resep Donat Kentang Sederhana

Bahan utama untuk pembuatan donat kentang tentunya adalah kentang yang dikukus kemudian dihaluskan. Bisa juga menggunakan kentang rebus namun aromanya menjadi berkurang karena terlalu banyak mengandung air dan teksturnya menjadi lebih lembek. Sementara untuk bahan dasar tepung terigu, gunakanlah tepung terigu yang mengandung banyak gluten atau tepung terigu protein tinggi sehingga donat bisa lebih mengembang dan lebih empuk. Berikut ini bahan-bahan lengkapnya!

Bahan Resep Donat Kentang Sederhana

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 125 gr kentang kukus, haluskan
  3. 50 gr gula halus (atau sesuai selera)
  4. 30 gr susu bubuk full cream
  5. 40 gr margarin
  6. 2 btr kuning telur
  7. 1/2 sdm ragi instan (1/2 bks)
  8. 1/4 sdt garam
  9. 1/2 sdt vanili bubuk
  10. air es secukupnya
  11. minyak padat atau minyak goreng kemasan yang agak banyak

Bahan Topping (opsional)

  1. margarin untuk mengoles dan coklat meses secukupnya, atau
  2. gula halus secukupnya, atau
  3. coklat yang dilelehkan atau apa saja sesuai selera

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

  1. Ayak tepung terigu bersama dengan gula halus dan susu bubuk. Campurkan ragi instan dan garam, aduk rata.
  2. Masukkan kentang kukus yang sudah dihaluskan bersama dengan kuning telur, uleni menggunakan tangan. Sambil menguleni, sesuaikan tekstur adonan dengan menambahkan air es sedikit demi sedikit hingga didapat tekstur yang pas. Sebagai patokan, tekstur adonan untuk donat haruslah lunak dan gampang dibentuk namun tidak terlalu lembek, seperti adonan roti tawar.
  3. Masukkan margarin, uleni adonan hingga benar-benar kalis.
  4. Tutup adonan menggunakan serbet yang sudah dibasahi dan diamkan selama minimal 30 - 60 menit.
  5. Setelah didiamkan, adonan akan mengembang. Kempiskan adonan dan bagi menjadi beberapa bagian.
  6. Bentuklah bulatan-bulatan untuk tiap bagian adonan dan buat lubang ditengahnya hingga membentuk donat. Diamkan lagi selama kurang lebih 30 - 60 menit.
  7. Panaskan minyak, goreng donat menggunakan api sedang hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Beri topping sesuai selera dan nikmati selagi hangat.
Cara membuat donat kentang sederhana ini sebetulnya cukup mudah, namun memang memerlukan waktu yang cukup lama karena harus melalui waktu inkubasi adonan. Dibutuhkan waktu yang agak senggang untuk membuatnya, namun jika sudah berhasil maka akan terbayarkan dengan rasanya yang lezat.

Resep donat kentang sederhana juga terbilang simpel dan tidak terlalu membutuhkan banyak bahan. Namun untuk mendapatkan tekstur yang bagus, bahan-bahan haruslah menggunakan bahan yang berkualitas. Seperti pada bahan tepung terigu dan margarin, semakin baik kualitasnya maka semakin bagus juga hasilnya, dan tentunya semakin empuk. Tertarik untuk mencoba? Salam Jajan Pinggiran!

Resep Menarik Berikut Ini Perlu Dicoba Lho!

Resep dan Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana
Resep dan Cara Membuat Nugget Udang Sayur Gurih
Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy
Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi
Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Kuning Manis
Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa
Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
4/ 5
Oleh