Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi

Resep Kerak Telor Sederhana - Pernah mencicipi kerak telor? Bagaimana rasanya, enak bukan? Makanan yang satu ini memang terkenal sebagai jajanan tradisional khas Betawi. Mungkin sekarang semakin jarang penjual yang menjajakkan kerak telor, kalaupun ada cuma di beberapa tempat tertentu seperti di area PRJ (Pekan Raya Jakarta) dan beberapa titik di Ibu Kota yang menyajikan masakan khas Betawi.
resep kerak telor sederhana, cara membuat kerak telor sederhana
gambar : ismyama.com
Jika melihat penjual kerak telor saat melayani pembeli, nampaknya cara membuat kerak telor sederhana tidak terlalu sulit. Dengan begitu kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah, resep kerak telor sederhana terbilang simpel dan bahan-bahannya pun mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Dengan sedikit keuletan, kita pun bisa membuat kerak telor di rumah dengan bahan dan peralatan seadanya.

Salah satu ciri khas dari kerak telor adalah penggunaan serundeng sebagai salah satu bahan utamanya. Serundeng adalah kelapa parut yang disangrai dengan tambahan bumbu-bumbu, daun bawang dan ikan teri kering serta ebi. Rasanya gurih dan memiliki aroma khas dengan cita rasa yang didominasi oleh rasa ebi. Bagi kalian yang baru pertama mencicipinya, dijamin akan merasa ketagihan dengan kelezatan kerak telor serta aromanya yang menggugah selera.

Resep Kerak Telor Sederhana Khas Betawi

Membuat kerak telor sebetulnya relatif mudah, kita bisa membuatnya di rumah dengan beberapa penyesuaian. Kerak telor yang asli dibuat dengan menggunakan panas dari pembakaran arang batok kelapa yang juga berpengaruh terhadap aromanya. Jika repot untuk mempersiapkannya, kita bisa menggunakan kompor gas biasa dengan volume api kecil sehingga didapatkan panas yang pas. Namun memang cara ini tidak bisa menggantikan rasa dan aroma yang didapat dari penggunaan arang batok. Berikut bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat kerak telor.

Bahan Resep Kerak Telor Sederhana

  1. 1 gelas beras ketan putih, cuci bersih dan rendam dalam air selama minimal 3 jam. Lebih bagus direndam semalaman.
  2. 4 btr telur itik
  3. 1/2 btir kelapa, parut
  4. 1 bks bawang goreng kering siap pakai
  5. 6 sdm ebi, sangrai dan haluskan (diblender)
  6. 1 sdt garam
  7. 2 sdt gula pasir
  8. minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 5 bh cabe merah keriting
  2. 3 siung bawang merah
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1/2 sdt lada
  5. 2 btr kencur
  6. 2 cm jahe

Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi

  1. Sebagai langkah pertama, kita akan membuat serundeng sebagai bahan campuran dan bahan taburan kerak telor dengan cara disangrai. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kelapa parut, garam, gula pasir dan 2 sendok makan ebi halus. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga kelapa kering dan berwarna kuning kecoklatan serta megeluarkan aroma harum khas serundeng. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan wajan, sebaiknya menggunakan wajan kecil yang memiliki bentuk cekung.
  3. Tuangkan kedalam wajan, satu sendok sayur beras ketan yang telah direndam beserta satu sendok sayur air rendamannya. Tutup wajan dan masak beberapa saat hingga air menyusut dan agak mengering.
  4. Masukkan dua sendok makan serundeng, 1 sendok makan ebi halus, 1 sendok makan bawang goreng dan 1 butir telur itik. Aduk rata dan lebarkan hingga ke pinggir penggorengan serta membentuk dadar tipis.
  5. Masak hingga mengering dan mengeluarkan aroma harum khas telur dadar.
  6. Balikkan wajan sehingga posisinya tertelungkup dan api membakar permukaan kerak telor. Biarkan beberapa saat hingga kerak telor berubah warna menjadi kecoklatan namun hati-hati jangan sampai gosong.
  7. Untuk mengangkatnya, gunakan kape/kapi atau spatula tipis sehingga kerak telor dapat terlepas dari wajan.
  8. Beri taburan serundeng dan bawang goreng. Sajikan selagi hangat.
Cara membuat kerak telor sederhana sebetulnya terbilang gampang, hanya saja pada proses pembuatan serundeng cukup memakan waktu karena harus benar-benar kering sehingga teksturnya mirip abon. Jika serundengnya benar-benar kering, rasanya lebih gurih dan teksturnya bagus namun jika serundengnya masih basah rasanya juga manjadi tidak terlalu gurih dan teksturnya kurang bagus. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Silahkan bagikan resep kerak telor sederhana ini jika sekiranya bermanfaat. Salam Jajan Pinggiran!

Baca Juga Resep Menarik Berikut Ini Ya!

Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Resep dan Cara Membuat Hotang Hot Dog Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Arem Arem Mie Pedas Isi Sayuran
Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
loading...
Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi
4/ 5
Oleh