Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana

Resep Perkedel Kentang Sederhana - Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang berbahan dasar kentang ini. Perkedel kentang merupakan salah satu makanan yang cukup digemari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Biasanya, perkedel lebih banyak dijadikan sebagai lauk atau pelengkap makan nasi ketimbang sebagai cemilan, namun tak sedikit orang yang menyukainya untuk dimakan begitu saja sebagai cemilan dikala senggang. Kelebihan makanan yang enak dan bergizi ini adalah mudah dibuat dan juga murah.
Resep Perkedel Kentang Sederhana, Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
Resep Perkedel Kentang Sederhana
Cara membuat perkedel kentang sederhana cukup mudah dan bisa dibuat dalam waktu yang tidak terlalu lama, persiapannya juga membutuhkan waktu yang cukup singkat. Secara teknis, bahan utama yang berupa kentang haruslah dalam keadaan matang. Dan untuk mematangkannya, ada dua cara yang biasa dilakukan yaitu direbus/dikukus dan digoreng. Namun kebanyakan orang lebih suka menggunakan cara yang kedua yaitu kentang digoreng terlebih dahulu. Cara ini juga menghemat tempat dan alat, karena kalau dikukus, alat yang digunakan menjadi lebih banyak.

Dari cara membuat adonan perkedel juga terbagi menjadi dua versi yaitu versi menggunakan telur dan tidak. Perkedel yang dalam adonannya menggunakan telur, rasanya lebih gurih dan lebih lezat namun sayangnya saat adonan digoreng biasanya perkedel menjadi hancur tak berbentuk. Solusi untuk masalah ini biasanya orang menambahkan tepung untuk mengikat adonan atau telur yang digunakan hanya kuningnya saja.

Sementara untuk adonan perkedel yang tidak menggunakan telur, adonan menjadi lebih padat dan tetap utuh saat digoreng. Kelebihan lainnya, prosesnya juga menjadi lebih cepat karena pengerjaannya lebih mudah serta lebih ekonomis. Namun dari segi rasa, cita rasanya kalah sama perkedel yang menggunakan telur dalam adonannya.

Resep Perkedel Kentang Sederhana

Pada eksperimen kita kali ini, kita akan mengambil resep adonan perkedel yang menggunakan telur didalam adonannya. Telur yang kita gunakan hanya kuningnya saja, sementara putih telur bisa kita gunakan untuk bahan pencelup saat perkedel hendak digoreng. Untuk 500 gram kentang, kuning telur yang digunakan cukup 1-2 butir saja, karena kalau lebih dari itu adonan menjadi lembek dan sulit dibentuk. Ujung-ujungnya nanti malahan hancur saat digoreng, namun memang rasanya pasti lebih enak dan lebih gurih. Berikut bahan-bahan lengkapnya.

Bahan Resep Perkedel Kentang Sederhana

  1. 500 gr kentang
  2. 1 btr kuning telur
  3. 1 btg daun bawang, iris halus
  4. 4 btg daun seledri, iris halus
  5. 6 siung bawang putih
  6. 2 sdm bawang goreng
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt kaldu bubuk
  9. 1/2 sdt lada bubuk
  10. 1/2 sdt ketumbar bubuk

Bahan Pencelup

  1. 1 btr telur + 1 putih telur, kocok lepas

Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana

  1. Kupas kentang dan bersihkan, potong dadu. Goreng kentang hingga matang, angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih bersama garam. Haluskan juga kentang yang tadi sudah kita goreng hingga hancur, tidak usah terlalu lembut agar nanti perkedelnya memiliki tekstur.
  3. Masukkan kuning telur, daun bawang, daun seledri, bawang goreng, kaldu bubuk, lada bubuk dan ketumbar bubuk. Aduk rata menggunakan ulekan hingga merata.
  4. Bentuklah adonan perkedel menjadi bulatan-bulatan kurang lebih sebesar bola pingpong kemudian pipihkan. Lakukan langkah yang sama hingga seluruh adonan habis.
  5. Panaskan minyak diatas api sedang.
  6. Celupkan perkedel kedalam kocokan telur kemudian goreng hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat kemudian tiriskan.
  7. Perkedel kentang spesial siap dihidangkan sebagai teman / lauk makan nasi atau sekedar cemilan.
Cara membuat perkedel kentang sederhana ini cukup mudah untuk dipraktekkan dengan hasil yang lebih memiliki cita rasa karena kita menambahkan telur pada adonan. Sebenarnya semua kembali kepada selera masing-masing, jika suka perkedel tanpa telur maka tinggal di skip saja. Bagi kalian yang suka dengan rasa gurih dan menginginkan lebih banyak telur, maka tambahkanlah sesendok tepung sagu kedalam adonan sehingga saat digoreng menjadi lebih padat dan tidak hancur. Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep perkedel kentang sederhana ini? Salam Jajan Pinggiran!

Coba Juga Resep Menarik Berikut Ini Ya!

Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi
Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Kuning Manis
Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa
Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng
Resep dan Cara Membuat Doclang, Jajanan Khas Bogor
Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
4/ 5
Oleh