Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Enak

Resep Bihun Goreng Spesial Enak - Makanan yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat sebagai makanan selingan yang lezat dan cukup mengenyangkan. Biasanya, bihun goreng dijual bersama dengan nasi uduk pada pagi hari dan sore hari terutama saat bulan ramadan sebagai salah satu menu berbuka puasa. Bihun goreng lazim disajikan bersama dengan kerupuk dan terkadang disajikan bersama dengan sambal kacang pedas serta dimakan bersama dengan gorengan seperti mendoan atau tahu. Bagaimanapun penyajiannya, bihun goreng tetap lezat sebagai jajanan yang sehat dan ekonomis. Nah bagi kalian penikmat bihun goreng, ternyata jajanan yang satu ini gampang dibuat lho!
Resep Bihun Goreng Spesial Enak, Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Enak
Ilustrasi : www.royco.co.id
Cara membuat bihun goreng spesial sebetulnya sangatlah mudah dan bisa dibuat dalam waktu yang relatif singkat layaknya membuat nasi goreng. Karena pada dasarnya bumbu nasi goreng, mie goreng dan bihun goreng memiliki dasar yang sama serta cara memasak yang sama. Yang membedakan adalah bahan utama dan bahan-bahan pelengkap lainnya yang membuatnya menjadi berbeda. Namun secara umum, prosesnya masih sama dan bisa saling mengaplikasikan satu sama lain.

Bihun goreng kita kali ini akan menggunakan sayuran sebagai bahan pelengkapnya serta menggunakan kecap manis dan saus tiram agar rasanya lebih lezat. Namun bagi kalian yang menyukai bihun goreng putih, kecap dan saus tiram tidak usah dipakai, cukup gunakan gula pasir jika suka atau cukup garam dan kaldu saja. Dan untuk bahan tambahan, selain sayuran kita juga bisa menggunakan daging ayam, telur, sosis, daging sapi dan lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Resep Bihun Goreng Spesial Enak

Untuk mendapatkan bihun goreng yang enak, lazimnya kita menggunakan bihun jagung yang bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun modern. Bihun jenis ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya lebih enak serta tidak berbau apek. Dan untuk bumbu-bumbunya, agar lebih berasa kita bisa menggunakan lada atau merica bubuk sehingga rasa dan aromanya lebih kuat, ditambah dengan saus tiram, dijamin bihun goreng kita kali ini memiliki rasa dan aroma yang menggugah selera. Berikut bahan-bahan yang kita perlukan.

Bahan Resep Bihun Goreng Spesial Enak

  1. 2 bks bihun jagung (rendam air panas sampai lumer, tiriskan)
  2. 50 gr kol (atau 1/4 bagian dari 1 butir kol), iris memanjang
  3. 6 lbr daun sawi hijau, potong agak pendek
  4. 2 bh wortel, potong korek api
  5. 1 btg daun bawang, iris pendek
  6. 4 btg daun seledri, iris halus
  7. 5 btr bakso sapi, iris tipis
  8. 1 sdt garam
  9. 1 sdt kaldu bubuk
  10. 1/2 sdt lada bubuk
  11. 2 sdm saus tiram
  12. 2 sdm kecap asin
  13. 3 sdm kecap manis
  14. minyak untuk menumis
  15. sedikit air

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 bh cabe merah keriting, buang biji

Cara Membuat Bihun Goreng Spesial

  1. Tumis bumbu halus hingga harum bersama dengan daun bawang.
  2. Masukkan wortel, tumis sebentar hingga agak layu.
  3. Masukkan kol, sawi hijau, seledri dan bakso sapi.
  4. Tuangkan sedikit air, bubuhkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Masak beberapa saat hingga sayuran agak layu dan air menyusut.
  5. Masukkan bihun, saus tiram, kecap asin dan kecap manis. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bumbu tercampur merata bersama bihun yang ditandai dengan warna bihun merata sempurna. Angkat.
  6. Bihun goreng kini siap untuk disajikan.
Ternyata cara membuat bihun goreng spesial sangatlah mudah ya, sama seperti membuat nasi goreng atau mie goreng. Proses memasaknya juga tidak memakan waktu yang lama, karena bihun pada dasarnya sudah matang ketika diseduh dengan air panas. Sehingga setelah sayuran ditumis, tinggal masukkan bihun dan beri bumbu-bumbu pelengkap dan tak perlu menunggu lama bihun goreng sudah matang dan bisa diangkat. Mudah kan? Tertarik untuk mencoba resep bihun goreng spesial enak ini di rumah? Salam Jajan Pinggiran!

Cari Resep Menarik Lainnya?

Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Kuning Manis
Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa
Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng
Resep dan Cara Membuat Doclang, Jajanan Khas Bogor
Resep dan Cara Membuat Kue Putri Ayu Kukus Lembut
Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Enak
4/ 5
Oleh