Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Sederhana Renyah Gurih

Resep Bakwan Jagung Sederhana - Bakwan jagung memang merupakan salah satu makanan goreng-gorengan yang paling banyak diminati. Siapapun pasti tahu, rasa bakwan jagung sangatlah lezat dengan dominasi rasa yang gurih dan manis dari jagung itu sendiri. Karena rasanya yang gurih, maka tak heran jika makanan olahan jagung ini juga menjadi favorit banyak orang dari segala usia. Apalagi jika teksturnya renyah, tentunya bakwan jagung akan semakin lezat ya. Mau bereksperimen di dapur? Yuk kita coba membuatnya!
Resep Bakwan Jagung Sederhana, Cara Membuat Bakwan Jagung Sederhana
Resep Bakwan Jagung Sederhana
Bakwan jagung pada dasarnya gampang dibuat dan bahan-bahannya bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang murah. Cara membuat bakwan jagung sederhana yang renyah pada dasarnya sama seperti cara pembuatan bakwan biasa pada umumnya, hanya bahan dasarnya saja yang berbeda. Jika suka, kita bisa menambahkan bahan lainnya seperti wortel agar lebih enak dan variatif. Terkadang, baking powder ditambahkan kedalam adonan agar tekstur bakwan jagung lebih berongga sehingga bakwan jagung menjadi lebih renyah. Tapi itu bersifat opsional, tanpa menggunakan pengembang pun bakwan bisa renyah asal tahu tehniknya.

Agar kita mendapatkan bakwan jagung dengan tekstur yang renyah, kuncinya yaitu pada saat menggoreng adonan. Saat digoreng, buatlah bakwan jagung setipis mungkin sehingga nantinya bisa renyah. Selain itu, bakwan jagung yang tipis akan lebih cepat matang. Gunakan api sedang untuk menggorengnya agar hasilnya lebih bagus dan matangnya merata.

Resep Bakwan Jagung Sederhana Renyah dan Gurih

Selain menggorengnya tipis-tipis, agar lebih renyah kita juga menambahkan telur pada adonan. Penambahan telur juga dimaksudkan agar cita rasa bakwan jagung lebih gurih dan aromanya lebih menggugah selera. Jika kalian suka pedas, kalian juga bisa menambahkan potongan cabe rawit pada adonan sehingga rasanya menjadi pedas gurih, mantap bukan? Berikut bahan-bahannya secara lengkap beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Bakwan Jagung Sederhana

  1. 3 tongkol jagung manis, sisir
  2. 50 gr tepung terigu (+/- 4-5 sendok makan)
  3. 1 btr telur ayam
  4. 1 btg daun bawang, iris pendek
  5. 4 btg daun seledri, iris halus
  6. 1 sdt garam
  7. 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. 1/4 sdt ketumbar bubuk
  9. air secukupnya
  10. minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 bg cabe merah keriting, buang biji

Cara Membuat Bakwan Jagung Sederhana Renyah dan Gurih

  1. Campurkan tepung terigu, telur, bumbu halus, daun bawang, daun seledri, garam, kaldu bubuk dan ketumbar bubuk. Tambahkan sedikit air dan aduk rata.
  2. Masukkan jagung dan sesuaikan tekstur adonan dengan cara menambahkan air secukupnya. Tekstur adonan bakwan jagung yang ideal adalah adonan yang lembek namun tidak encer, seperti adonan bakwan pada umumnya. Karena kalau terlalu lembek/encer maka akan sulit ketika kenggorengnya terkecuali menggunakan wajan datar anti lengket. Kini adonan siap.
  3. Panaskan minyak goreng pada api sedang.
  4. Ambil adonan bakwan jagung sebanyak satu sendok nasi, letakkan adonan di pinggir wajan namun masih menyentuh minyak. Pipihkan adonan agar hasil bakwan jagung nantinya tipis dan bisa renyah. Buat beberapa di bagian pinggiran wajan yang lain sesuai ukurannya.
  5. Sibak-sibak/sirami bakwan dengan minyak hingga terlepas dari pinggiran wajan dan goreng sampai matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan.
  7. Bakwan jagung siap dinikmati bersama dengan cabe rawit atau sambal kacang.
Biarpun bakwan jagung bisa diperoleh secara mudah dengan harga yang murah, namun tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat bakwan jagung sederhana yang renyah ini sangatlah mudah sehingga kita bisa membuatnya kapan saja selagi bahan tersedia di dapur. Dengan membuatnya sendiri, kebersihan dan kehigienisannya lebih terjamin serta bahan-bahan bisa disesuaikan dengan selera. Kalian tertarik untuk mencoba resep bakwan jagung sederhana ini? Selamat mencoba! Salam Jajan Pinggiran!

Yuk Simak Resep Menarik Lainnya Berikut Ini!

Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa
Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng
Resep dan Cara Membuat Doclang, Jajanan Khas Bogor
Resep dan Cara Membuat Kue Putri Ayu Kukus Lembut
Resep dan Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana
Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Sederhana Renyah Gurih
4/ 5
Oleh