Resep dan Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana

Resep Black Forest Kukus Sederhana - Black forest merupakan kue tipe cake yang menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega dan telur. Ketiga bahan ini disatukan dengan emulsifier yang membuat kue menjadi mengembang dan menyatu sehingga terbentuklah rasa dan aroma khas cake. Nama black forest sebenarnya mengacu pada penggunaan coklat bubuk yang membuat adonan berwarna pekat layaknya coklat. Ingin membuatnya sendiri di rumah ? Yuk, cara membuat black forest kukus sederhana cukup mudah ko !
Resep Black Forest Kukus Sederhana, Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana
Sumber gambar : tersedap.blogspot.com
Pembuatan kue blackforest kukus sebenarnya lebih mudah dikarenakan kita tidak memerlukan oven untuk memanggang kue. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah panci serba guna yang memiliki sarangan / panci untuk mengukus. Mari kita simak resep black forest kukus beserta cara pembuatannya.

Resep Black Forest Kukus Sederhana dan Cara Pembuatannya

Bahan Resep Black Forest Kukus Sederhana

  1. 100 ml susu cair
  2. 75 gr margarin yg sudah dicairkan
  3. 75 - 100 gr dark cooking chocolate
  4. 250 gr gula pasir halus
  5. 6 butir telur ayam
  6. 200 gr tepung terigu protein sedang
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 1 sdt cake emulsifier / TBM

Bahan Topping dan Isian

  1. Coklat batangan, serut
  2. Butter cream
  3. Cherry

Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana

  1. Sebagai langkah pertama, campurkan tepung terigu dengan baking powder, ayak biar tidak menggumpal dan sisihkan.
  2. Agar mudah dan cepat saat membuat adonan, campurkan susu cair terlebih dahulu dengan mentega / margarin cair serta dark cooking chocolate yang sudah dirajang / dipotong kecil-kecil. Panaskan dalam panci dan rebus dengan api kecil agar susu tidak pecah dan aduk hingga tercampur dan larut, angkat dan biarkan hingga mendingin.
  3. Kocok telur bersama gula pasir dan cake emulsifier / TBM hingga mengembang. Setelah telur mengembang sempurna, masukkan tepung terigu yang sudah dicampurkan dengan baking soda sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masukkan pula campuran susu cair dan dark cooking chocolate serta margarin yang telah kita buat sebelumnya dan aduk terus hingga adonan tercampur rata.
  4. Tuangkan kedalam loyang / cetakan dan adonan siap dikukus.
  5. Saatnya pengukusan, siapkan panci dan isi dengan air secukupnya. Nyalakan kompor dan biarkan airnya mendidih dan ruang pengukusan telah benar-benar panas. Untuk menghemat waktu, langkah ini sebaiknya dipersiapkan sejak awal, jadi pas adonan selesai dibuat panci sudah dalam keadaan panas. 
  6. Setelah air didalam panci mendidih dan ruang pengukusan benar-benar panas, masukkan adonan tersebut dan kukus selama kurang lebih 20 menit.
  7. Angkat kue dari panci dan hias dengan isian dan topping sesuai selera dan kreasi sendiri.
Catatan : Takaran untuk resep black forest kukus sederhana diatas tidak bersifat mutlak, selera orang pasti berbeda-beda. Untuk mendapatkan tekstur yang pas sesuai dengan selera memang diperlukan eksperimen, barulah nanti ditemukan komposisi yang pas sesuai selera kita. Sekali dua kali gagal itu wajar, karena semua memerlukan pembelajaran yang dapat menjadi pengalaman berharga. Demikian cara membuat black forest kukus sederhana versi Jajan Pinggiran, dan semoga bermanfaat !

Coba Juga Resep Menarik Lainnya Berikut Ini Ya!

Resep dan Cara Membuat Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan
Resep dan Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana
Resep dan Cara Membuat Cireng Isi Sosis Pedas
Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Sederhana
Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah Gurih
Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Enak
Resep dan Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana
4/ 5
Oleh