Resep dan Cara Membuat Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan

Resep Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan - Makanan yang bermula dari Palembang Sumatera Selatan ini memang cukup populer di masyarakat sebagai jajanan yang lezat dan sehat. Pempek dos biasanya disajikan bersama dengan kuah cuko yang memiliki cita rasa asam manis pedas serta sedikit gurih.

Pempek dos memang cocok dinikmati di setiap suasana baik pagi, siang maupun sore terlebih lagi ketika cuaca dingin misal malam hari atau sehabis hujan. Namun bagaimana jika kita sulit menemukan penjual pempek dos ini? Tenang, pempek dos adaan bisa kita buat dengan mudah ko. Simak ulasannya berikut ini ya!
Resep Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan, Cara Membuat Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan
gambar : pempekcinere.wordpress.com
Pempek dos adaan sering menjadi pilihan bagi yang hendak membuat pempek sendiri. Alasannya, cara membuat pempek dos adaan tanpa ikan merupakan cara paling mudah untuk membuat pempek namun rasanya tidak kalah lezat.

Pempek jenis ini bisa dibuat kapan saja karena bahan-bahannya mudah diperoleh di sekitar tempat tinggal. Kita tidak perlu pergi ke pasar untuk mencari daging ikan, sehingga kita bisa menikmatinya kapan saja selagi kita sempat membuatnya. Biarpun tanpa ikan, rasa pempek dos tetap gurih dan lezat.

Dari semua jenis pempek, pempek dos adaan adalah bentuk yang paling sederhana dan paling mudah dibuat. Bentuknya yang bulat menyerupai bakso membuatnya gampang dibentuk serta tidak memerlukan isian seperti layaknya pempek kapal selam.

Dengan begitu, pempek jenis ini bisa dibuat dengan persiapan yang tidak terlalu lama sehingga proses pembuatan bisa lebih cepat dan bisa dinikmati tanpa perlu menunggu terlalu lama.

Resep Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan

Untuk membuat adonan pempek dos, sebagai pengikatnya kita menggunakan adonan biang yang terbuat dari tepung terigu. Tepung terigu ini dimasukkan kedalam air mendidih hingga membentuk pasta, atau bisa juga kita meyiramnya dengan air panas.

Namun jika air kurang panas, maka terigu biasanya menyisakan gumpalan-gumpalan putih yaitu gumpalan tepung yang belum matang. Untuk selanjutnya adonan biang ini dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Untuk bahan lengkapnya, bisa kita lihat berikut ini.
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

Bahan Resep Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan

Adonan Biang

  1. 100 gr tepung terigu
  2. 250 ml air

Adonan Pempek

  1. 250 gr tepung sagu
  2. 6 siung bawang putih, haluskan
  3. 4 sdm bawang goreng
  4. 1 btr telur, kocok lepas
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. 1/4 sdt lada bubuk
  8. minyak agak banyak untuk menggoreng
  9. air untuk merebus

Bahan Kuah Cuko

  1. 50 gr gula jawa
  2. 2 sdm gula pasir
  3. 2 sdt asam jawa
  4. 2 sdt garam
  5. 5 siung bawang putih, cincang halus
  6. 8 bh cabe rawit, iris halus
  7. 500 ml air

Cara Membuat Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan

  1. Buatlah adonan biang. Didihkan 250 ml air, masukkan tepung terigu dan aduk cepat hingga terigu menggumpal dan membentuk adonan lembek berwarna bening/transparan. Matikan api dan tunggu adonan hingga agak dingin / tidak cukup panas untuk disentuh.
  2. Masukkan telur kocok, bawang putih halus, bawang goreng, garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Uleni adonan menggunakan tangan hingga kalis.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan pempek adaan, menyerupai bakso. Jika adonan lengket, taburi telapak tangan dengan tepung tapioka.
  5. Didihkan air dan berilah 2 sdm minyak goreng. Rebus pempek adaan hingga matang dengan ciri pempek mengapung ke permukaan air. Angkat dan tiriskan.
  6. Goreng pempek hingga matang dengan api sedang. Angkat dan tiriskan.
  7. Membuat kuah cuko. Didihkan air, masukkan semua bahan dan aduk-aduk hingga gula dan asam jawa larut. Angkat.
  8. Sajikan pempek dos adaan bersama dengan kuah cuko.
Bagi yang baru pertama kali membuat pempek, cara membuat pempek dos adaan tanpa ikan merupakan cara paling mudah untuk membuat pempek sendiri di rumah. Meski begitu, mungkin saat pertama kali akan terasa sulit dan ribet, terkecuali buat yang hobi memasak mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri.

Namun pada dasarnya, pembuatan pempek dos bisa dibilang paling mudah dan murah karena tidak perlu menggunakan campuran daging ikan yang terkadang sulit ditemui di daerah yang jauh dari pasar. Resep pempek dos adaan tanpa ikan ini bisa menjadi alternatif membuat pempek yang mudah dan murah. Selamat mencoba! Salam Jajan Pinggiran!

Resep Menarik Lainnya yang Patut Dicoba

Resep dan Cara Membuat Kue Putri Ayu Kukus Lembut
Resep dan Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana
Resep Apem Selong, Jajanan Tradisional Khas Surabaya
Resep dan Cara Membuat Martabak Mini Dengan Mudah
Resep dan Cara Membuat Seblak Basah Pedas
Resep dan Cara Membuat Fried Chicken Renyah
Resep dan Cara Membuat Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan
4/ 5
Oleh