Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Sederhana Isi Sayuran

Resep Omelet Telur Sederhana - Jika dilihat dari arti katanya, omelet berarti telur dadar yang mencakup semua variasi telur dadar baik itu hanya berbahan telur maupun diberi bahan-bahan pelengkap lainnya. Omelet sendiri pada mulanya berasal dari benua Eropa dan di tempat asalnya merupakan menu sarapan pagi. Di negara kita, omelet pada mulanya diperkenalkan oleh bangsa Belanda dan kini menjadi makanan yang tidak asing dengan bermunculannya variasi omelet versi lokal. Seperti kali ini, kita akan mencoba membuat omelet dengan bahan pelengkap berupa sayuran.
Resep Omelet Telur Sederhana, Cara Membuat Omelet Telur Sederhana
Resep Omelet Telur Sederhana
Omelet sayuran sepertinya lebih populer dari omelet yang menggunakan isian lainnya. Cara membuat omelet telur sederhana berisi sayuran berikut ini cukup mudah dibuat dan bahan-bahan yang kita perlukan gampang diperoleh. Untuk sayurannya sendiri sebetulnya tidak ada patokan atau resep yang pasti sehingga kita bebas berkreasi dengan memanfaatkan sayuran yang ada atau bisa juga disesuaikan dengan selera. Dan bagi kalian yang tidak suka sayuran, maka bahan sayuran bisa diganti dengan bahan lain seperti sosis, bakso, kornet, mie, bahkan daging. Tinggal disesuaikan saja sesuai dengan kesukaan masing-masing.

Varian omelet kita kali ini akan menggunakan sayuran segar sebagai bahan isiannya. Oleh karena itu, omelet yang kita buat hendaknya tidak terlalu tebal agar sayuran bisa matang. Jika ingin lebih tebal, sebaiknya dimasak dengan api kecil sehingga matangnya perlahan dan merata luar dalam. Jika api terlalu besar, maka omelet tidak akan matang secara merata. Tapi jangan kuatir juga, karena kita menggunakan isian berupa sayuran, biarpun sayuran isi tidak sampai matang benar tetapi rasanya tetap enak asalkan telurnya matang.

Resep Omelet Telur Sederhana Isi Sayuran

Sayuran yang kita gunakan sebagai isian untuk resep kita kali ini adalah buncis, wortel, paprika, bawang merah dan kol. Jika kalian suka dengan sayuran lainnya silahkan tambahkan, dan tentunya akan lebih enak. Untuk memudahkan, potong/iris sayuran tipis-tipis atau pendek sehingga bisa menyatu dengan ikatan telur. Jika potongan terlalu besar, biasanya sayuran sulit menyatu dan susah saat kita membalikannya. Dan untuk bahan-bahan lengkapnya, mari kita lihat di bawah ini.

Bahan Resep Omelet Telur Sederhana

  1. 2 btr telur ayam
  2. 4 btg buncis, iris pendek
  3. 1 btg wortel, potong dadu kecil
  4. 1 btg daun bawang, iris pendek
  5. 2 btg daun seledri, iris halus
  6. 1/2 bh paprika merah, potong kotak kecil
  7. 1/2 bh bawang bombay, potong kotak kecil
  8. 2 bh cabe merah, iris pendek
  9. 2 lbr kol, iris pendek memanjang
  10. 1/2 sdt garam
  11. 1/2 sdt kaldu bubuk
  12. 1/4 sdt lada bubuk

Bahan Pelengkap (jika suka)

  1. bawang goreng
  2. saus sambal
  3. saus tomat
  4. saus mayones

Cara Membuat Omelet Telur Sederhana Isi Sayuran

  1. Kocok telur bersama dengan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Kocok lepas hingga berbuih menggunakan garpu atau balloon whisk.
  2. Masukkan isian sayuran berupa buncis, wortel, daun bawang, seledri, paprika, bawang bombay, kol dan cabe merah. Aduk rata.
  3. Panaskan wajan/pan anti lengket dan olesi dengan sedikit margarin atau mentega. Bisa juga menggunakan sedikit minyak goreng.
  4. Tuang adonan telur kedalam pan. Karena kita menggunakan sayuran mentah, jadi membuat omeletnya tipis tipis saja ya. Kalau menginginkan omelet yang agak tebal, kecilkan api sehingga omelet bisa matang luar dan dalam. Jika api terlalu besar, permukaan omelet malah akan gosong sementara dalamnya belum matang.
  5. Agar tidak hancur, masak omelet hingga salah satu permukaannya matang, sesudah itu baru bisa dibalik.
  6. Setelah kedua permukaannya matang, angkat omelet dan sajikan bersama saus sambal, saus tomat, mayones dan taburan bawang goreng.
  7. Sajikan omelet selagi hangat.
Sebetulnya, cara membuat omelet telur sederhana memiliki beberapa versi. Di beberapa negara, omelet dibuat hanya dengan satu kali pematangan. Saat omelet dimasak didalam pan, omelet dibiarkan hingga permukaan bawah dan permukaan atasnya matang tanpa membalikannya. Sementara versi lainnya, omelet dimasak hingga permukaan bawah matang kemudian dibalik untuk mematangkan permukaan atasnya. Bagaimana, mudah bukan? Ingin mencoba resep omelet telur sederhana ini di rumah? Selamat mencoba! Salam Jajan Pinggiran!

Resep Menarik Berikut Ini Patut Dicoba Lho!

Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng
Resep dan Cara Membuat Doclang, Jajanan Khas Bogor
Resep dan Cara Membuat Kue Putri Ayu Kukus Lembut
Resep dan Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana
Resep Apem Selong, Jajanan Tradisional Khas Surabaya
loading...
Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Sederhana Isi Sayuran
4/ 5
Oleh