Resep dan Cara Membuat Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya

Resep Tahu Bulat Kopong - Siapa yang tidak kenal dengan tahu bulat. Makanan yang satu ini merupakan jajanan yang cukup populer terlebih di pulau Jawa sebagai jajanan rakyat yang murah meriah namun dengan cita rasa yang lezat. Penjual tahu bulat lazim ditemui di pinggir-pinggir jalan, bahkan di kota-kota besar tahu bulat lazim dijual berkeliling menggunakan gerobak maupun mobil yang berjualan secara berpindah-pindah.

Tahu bulat memiliki tekstur yang berongga atau biasa disebut kopong. Semakin kopong, maka tahu bulat akan semakin enak dan rasanya lebih gurih. Rongga-rongga yang terbentuk didalam tahu bulat tersebut terbentuk akibat udara yang terperangkap saat tahu digoreng. Itu artinya, tahu bulat menggunakan bahan pengembang. Penasaran ingin membuatnya, yuk simak selengkapnya!
Resep Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya, Resep dan Cara Membuat Tahu Bulat Kopong dan Mengembang
gambar : nadyazura.blogspot.com
Dan tahukah kalian, ternyata cara membuat tahu bulat kopong dan mengembang tidak sesulit yang kita bayangkan lho. Karena pada dasarnya, tahu bulat adalah tahu biasa yang dibuat mengembang hingga terbentuk rongga-rongga udara didalamnya. Pengembang yang digunakan merupakan pengembang kimiawi yang hanya mengembang saat tahu digoreng. Itu artinya, kita memerlukan bahan pengembang berupa baking powder.

Bagi kalian yang penasaran ingin membuat sendiri tahu bulat di rumah, berikut ini adalah resep sederhana yang bisa dibuat kapan saja selagi bahan-bahan tersedia. Meskipun sederhana, namun cita rasa yang didapatkan tidak kalah dengan tahu bulat abang-abang.

Resep Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya

Untuk mendapatkan tahu yang mengembang sempurna, sebaiknya tahu dimasukkan terlebih dahulu kedalam lemari es. Bisa juga kita merendamnya dalam air es batu. Tidak juga tidak apa-apa, hanya saja dengan didinginkan terlebih dahulu maka tahu bisa lebih mengembang.

Proses ini bertujuan agar baking powder yang terkadung pada adonan tahu bulat tidak bereaksi secara berlebihan. Mengingat baking powder hanya akan bereaksi dengan zat tertentu dan pada suhu tertentu. Dengan mendinginkan bahan adonan, maka baking powder sebisa mungkin diusahakan untuk mengembang saat adonan digoreng saja.

Sementara untuk jenis tahu yang digunakan, kita bisa menggunakan tahu putih biasa. Berikut ini bahan-bahan untuk membuat tahu bulat secara lengkap beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Tahu Bulat Kopong

  1. 10 bh tahu putih
  2. 3 siung bawang putih, haluskan
  3. 1 sdt kaldu bubuk
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt baking powder
  6. minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tahu Bulat Kopong dan Mengembang

  1. Hancurkan tahu menggunakan ulekan hingga halus. Setelah itu, bungkus tahu dengan kain bersih kemudian peras airnya sebanyak mungkin hingga tahu menjadi agak kering seperti ampas.
  2. Masukkan kembali tahu kedalam wadah. Bubuhkan garam, kaldu bubuk, bawang putih halus dan baking powder. Aduk hingga merata.
  3. Bentuk adonan tahu menjadi bulatan-bulatan menyerupai bola sebagaimana bentuk tahu bulat.
  4. Masukkan tahu bulat mentah kedalam lemari es selama 1-2 jam agar tahu menjadi dingin dan baking powder yang terkandung didalamnya hanya berekasi saaat digoreng saja. Setelah itu, tahu bulat siap untuk digoreng kapan saja.
  5. Untuk menggorengnya, goreng tahu bulat pada minyak panas diatas api kecil hingga mengembang dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  6. Sajikan tahu selagi hangat bersama dengan saus sambal atau bumbu tabur pedas.
Mudah bukan, cara membuat tahu bulat kopong dan mengembang sebetulnya tidak memiliki tehnik rahasia. Kunci keberhasilan dari proses pembuatan tahu bulat terletak pada saat kita memeras air dari tahu. Semakin banyak air yang keluar, maka semakin sedikit kadar air yang terkandung pada tahu. Itu artinya, kualitas tahu bulat semakin baik.

Sementara untuk variasi resep tahu bulat kopong, kalian bisa memodifikasinya sendiri sesuai selera. Seperti diberi isian sayuran atau isian berupa cabe rawit sehingga didapat cita rasa yang pedas. Kalian juga bisa menambahkan bahan lain kedalam adonan seperti telur atau daging ikan yang sudah digiling halus. Bagaimana dengan rasanya? Tentunya lebih lezat! Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran !
Resep dan Cara Membuat Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya
4/ 5
Oleh