Resep dan Cara Membuat Singkong Thailand Keju yang Enak dan Lembut

Resep Singkong Thailand Keju - Sesuai namanya, olahan singkong yang satu ini konon katanya berasal dari negara tetangga, Thailand. Singkong Thailand bisa dibilang mirip sama seperti kolak singkong biasa, hanya saja kuahnya lebih kental dan menggunakan saus santan sebagai bahan pelengkapnya.

Jajanan yang satu ini juga terkadang dibubuhi topping yang bervariasi yang salah satunya dan cukup populer adalah keju. Kalian penasaran seperti apa rasanya? Atau sudah sering menikmatinya namun tidak tahu cara membuatnya? Yuk simak disini selengkapnya!
Resep Singkong Thailand Keju, Cara Membuat Singkong Thailand yang Enak
gambar : www.dapoeryuyu.com
Singkong Thailand yang akan kita buat kali ini akan kita variasikan dengan topping keju agar lebih gurih dan lezat. Selain itu, penampilannya juga lebih menarik sehingga lebih menggugah selera.

Cara membuat singkong Thailand keju bisa dibilang cukup mudah dan juga praktis, karena kita cuma sekedar merebusnya seperti biasa. Bedanya, singkong Thailand ini menggunakan beberapa bahan tambahan yang juga tidak terlalu rumit alias gampang diperoleh.

Mula-mula, singkong ini kita rebus hingga matang dan empuk. Untuk teksturnya sendiri silahkan disesuaikan dengan selera, karena terkadang ada yang suka dengan singkong yang lunak dan ada juga yang lebih suka singkong yang bertekstur. Setelah itu, barulah kita tambahkan gula pasir sesuai selera.

Untuk versi lainnya, kita juga bisa merebus singkong bersama dengan gula pasir sedari awal. Rebuslah dengan api kecil agar singkong matang dan lembut namun tidak hancur. Terakhir, tambahkan tepung maizena agar kuahnya mengental.

Resep Singkong Thailand Keju yang Enak dan Lembut

Untuk memperoleh olahan singkong yang empuk dan lembut, tentunya kita harus pintar-pintar memilih singkong. Pilihlah singkong muda yang masih segar, biasanya ukurannya tidak terlalu besar namun agak panjang. Serta biasanya masih banyak menempel tanah pada permukaan kulitnya.

Ciri lainnya adalah, jika singkong kita potong/iris menggunakan pisau maka di permukaan pisau akan menyisakan warna putih yang menandakan singkong tersebut mengandung banyak pati. Atau jika permukaan singkong yang dipotong kita pegang, maka akan terlihat kandungan patinya.

Bahan Resep Singkong Thailand Keju

  1. 500 gr singkong muda segar
  2. 125 gr gula pasir / sesuai selera
  3. 2 lbr daun pandan
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 1/2 gelas air
  6. 1 ltr air
  7. keju cheddar parut secukupnya

Bahan Saus Santan

  1. 250 ml santan
  2. 2 lbr daun pandan
  3. 1/4 sdt garam
  4. 1 sdm tepung maizena

Cara Membuat Singkong Thailand yang Enak dan Lembut

  1. Kupas singkong kemudian cuci bersih. Potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Sebaiknya jangan terlalu besar agar lebih mudah matang dan empuk.
  2. Rebus singkong bersama sedikit garam dengan api kecil hingga matang. Jika air rebusan singkong banyak menyusut, tambahkan lagi secukupnya namun jangan terlalu banyak. Jumlahnya kira-kira cukup untuk melarutkan gula pasir.
  3. Bubuhkan gula pasir, aduk perlahan hingga gula pasir larut dan biarkan beberapa saat biar gula meresap dan airnya menyusut.
  4. Tuangkan larutan tepung maizena, masak hingga kuahnya mengental dan meletup-letup. Angkat, sisihkan dulu sementara membuat saus.
  5. Didihkan santan bersama dengan daun pandan dan sedikit garam. Aduk-aduk agar santan tidak pecah, kemudian bubuhkan tepung maizena.
  6. Aduk rata hingga tepung maizena larut dan santan menjadi kental. Angkat.
  7. Sajikan singkong Thailand bersama dengan saus santannya. Taburkan parutan keju diatasnya agar lebih lezat dan menarik.
Bagaimana menurut kalian, cara membuat singkong Thailand sangat mudah bukan? Jika kalian tidak mau repot, maka kalian bisa merebus semua bahan menjadi satu kecuali bahan saus. Namun biasanya, tekstur singkong tidak selembut seperti direbus terlebih dahulu. Kecuali jika singkongnya adalah singkong yang masih sangat muda.

Jika kalian suka bereksperimen, resep singkong Thailand keju ini bisa kalian variasikan sesuai dengan selera. Gunakan topping yang beragam untuk mendapatkan rasa dan variasi baru sehingga lebih berselera. Selamat mencoba ya, salam Jajan Pinggiran !
Resep dan Cara Membuat Singkong Thailand Keju yang Enak dan Lembut
4/ 5
Oleh