Resep dan Cara Membuat Kentang Goreng KFC Renyah dan Garing

Resep Kentang Goreng KFC - Kentang goreng KFC memiliki rasa yang gurih, tekstur yang renyah dan garing serta kerenyahan yang tahan lama. Terkadang kita bertanya-tanya, bagaimana cara membuatnya?

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas cara membuat kentang goreng KFC yang renyah dan garing. Mungkin tidak akan sama persis, cuma pendekatan dengan rasa dan tekstur ala KFC.
Resep Kentang Goreng KFC, Cara Membuat Kentang Goreng KFC
Kentang Goreng
>> Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih
Untuk membuatnya, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari bahan baku kentang, cara mengolah serta cara menggorengnya. Semuanya memerlukan tahapan dan proses pengolahan yang tepat.

Resep Kentang Goreng KFC Renyah dan Garing

Kentang goreng renyah dibuat dengan bahan baku khusus. Jenis kentang yang digunakan untuk kentang goreng biasanya adalah kentang Tes. Salah satu kentang lokal yang dikembangkan khusus untuk bahan baku kentang goreng, french fries dan aneka olahan kentang yang digoreng.

Kentang tes memiliki kandungan pati yang lebih tinggi dan kadar air yang lebih rendah dari jenis kentang lainnya. Daging umbinya lebih padat, serta warnanya lebih pekat tidak tembus cahaya. Cocok untuk diolah dengan cara digoreng.

Nah, sekarang kita simak bahan apa saja yang kita perlukan untuk resep kentang goreng KFC ini. Untuk proses pembuatannya, silahkan simak cara membuat kentang goreng KFC melalui step by step yang disertakan berikut ini.
>> Resep dan Cara Membuat Stik Keju Renyah dan Gurih

Bahan Resep Kentang Goreng KFC

  1. 500 gr kentang Tes ukuran besar
  2. 3 siung bawang putih, haluskan
  3. 2 sdt garam
  4. 1 sdt kaldu bubuk
  5. air es secukupnya

Cara Membuat Kentang Goreng KFC Renyah dan Garing

  1. Kupas kentang, cuci sampai bersih. Potong-potong kentang dengan bentuk memanjang seperti stik. Untuk memudahkan, gunakan alat potong kentang khusus untuk membuat stik kentang goreng.
  2. Rendam kentang dalam air es yang sudah diberi garam, kaldu bubuk dan bawang putih. Rendam selama kurang lebih 10-20 menit agar bumbu-bumbunya meresap.
  3. Panaskan minyak goreng diatas api kecil. Goreng kentang hingga setengah matang saja, jangan sampai garing. Tujuan dari proses penggorengan tahap satu ini adalah untuk mengurangi kadar air dan mematangkan bagian dalamnya. Jika kentang digoreng langsung hingga garing, maka kerenyahannya tidak akan tahan lama sebab kadar air didalamnya masih cukup tinggi.
  4. Setelah setengah matang, angkat kentang goreng dan tiriskan. Untuk mengurangi kadar minyak, gunakan tisu dapur untuk mengalasinya.
  5. Selanjutnya, taruh kentang goreng setengah matang tersebut di freezer. Diamkan hingga beku. Setelah beku, kentang siap digoreng hingga garing.
  6. Siapkan penggorengan untuk menggoreng tahap kedua. Panaskan minyak hingga benar-benar panas dan gorenglah kentang beku hingga garing dan berubah warna menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan kentang goreng bersama dengan saus tomat atau saus sambal.
>> Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Isi Sayuran Pedas
Kuncinya yaitu kentang harus dibekukan terlebih dahulu. Itulah mengapa kentang siap goreng harus disimpan dalam keadaan beku.

Dalam keadaan beku, kadar air yang masih terkandung dalam kentang akan berubah menjadi uap air tanpa melalui fase cair sehingga kentang lebih renyah.

Bagaimana, gampang bukan? Selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Kentang Goreng KFC Renyah dan Garing
4/ 5
Oleh