Resep dan Cara Membuat Stik Keju Renyah dan Gurih

Resep Stik Keju Renyah dan Gurih - Kalian suka stik keju? Cemilan yang satu ini memang cukup populer dan menjadi salah satu cemilan favorit yang gampang dibuat. Bahan-bahannya cukup sederhana dan gampang diperoleh.

Pada dasarnya, cara membuat stik keju renyah dan gurih itu cukup gampang, ya. Namun untuk mendapatkan tekstur yang renyah garing itu ada tehniknya. Kuncinya terdapat pada proses pembuatan adonan.
Resep Stik Keju Renyah dan Gurih, Cara Membuat Stik Keju Renyah dan Gurih
Stik Keju Renyah
>> Resep dan Cara Membuat Cireng Salju Bumbu Rujak
Jadi, saat membuat adonan, tidak boleh sampai kalis. Jika adonan terlalu kalis, maka stik malah akan keras/getas sehingga kurang renyah. Cape ngunyahnya, hehe. Selain itu, prosesnya juga menjadi lebih lama karena adonan menjadi alot.

Resep Stik Keju Renyah dan Gurih

Stik keju terbuat dari bahan dasar berupa tepung terigu dan keju. Untuk membuat stik ini menjadi lebih renyah, kita bisa menambahkan tepung tapioka sebagai bahan tambahan adonan. Alternatif lainnya, kita bisa menggunakan tepung beras namun teksturnya menjadi sedikit getas.

Ini dia daftar bahan yang perlu kita persiapkan untuk resep stik keju renyah dan gurih. Untuk lebih mempermudah, silahkan simak cara membuat stik keju renyah melalui step by step yang akan disertakan dibawah ini.
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

Bahan Resep Stik Keju Renyah dan Gurih

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 100 gr tepung sagu / tapioka
  3. 100 gr keju cheddar, parut halus
  4. 1 btr telur
  5. 2 sdm margarin, cairkan
  6. 1/2 sdt baking powder
  7. 1 sdt garam
  8. 1/2 sdt kaldu bubuk
  9. 1/2 gelas air es

Cara Membuat Stik Keju Renyah dan Gurih

  1. Satukan semua bahan kering seperti tepung terigu, tepung sagu, baking powder, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata. Masukkan keju cheddar parut, aduk rata.
  2. Masukkan telur dan margarin cair. Aduk lagi hingga merata.
  3. Uleni campuran tepung hingga membentuk adonan sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit. Cukup uleni hingga adonan menggumpal dan tidak lengket di tangan, jangan terlalu kalis ya, nanti malah keras. Jika masih terdapat gumpalan-gumpalan tepung, tidak apa-apa nanti akan tercampur saat adonan digiling.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Untuk memudahkan, bentuk adonan menjadi seukuran sosis sehingga lebih mudah digiling.
  5. Giling tiap bagian adonan menggunakan gilingan molen. Giling beberapa kali hingga adonan halus, setelah itu gilinglah menggunakan gilingan mie yang agak lebar.
  6. Goreng stik keju hingga matang dan renyah dengan warna kuning keemasan. Agkat dan tiriskan.
>> Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy Renyah
Gampang bukan? Kebanyakan, kegagalan dalam membuat stik keju adalah karena adonannya terlalu kalis. Sehingga stik menjadi kurang renyah atau bahkan getas, tidak seperti yang diharapkan.

Jika proses pembuatan adonannya tepat, stik bisa renyah dan rapuh. Tidak mudah mlempem dan tentu saja rasanya menjadi lebih gurih. Selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Stik Keju Renyah dan Gurih
4/ 5
Oleh