Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih

Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih - Masih mirip-mirip dengan stik keju, kali ini kita akan membuat kue bawang. Jika dilihat dari bahan utama yang digunakan, antara stik keju dan kue bawang sebenarnya cuma memiliki sedikit perbedaan.

Cara membuat kue bawang renyah dan gurih sebenarnya tidak berbeda dengan pembuatan stik keju. Kunci utamanya adalah pada proses pembuatan adonan, yaitu adonan jangan sampai terlalu kalis.
Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih, Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih
Kue Bawang Renyah
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan
Disamping itu, komposisi bahan-bahan juga memegang peranan yang cukup penting untuk didapat hasil yang sesuai selera. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja kita simak selengkapnya berikut ini.

Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

Untuk mendapatkan kue bawang dengan aroma yang kuat, kita akan menggunakan banyak bawang merah. Nanti hasilnya akan lebih wangi dan aromanya lebih menggugah selera. Dan untuk memperkuat rasa, kita bisa menambahkan bawang putih dan seledri. Dijamin rasanya pasti top banget!

Yuk kita simak saja selengkapnya, apa saja yang perlu kita persiapkan untuk resep kue bawang renyah dan gurih kali ini. Jika suka, kalian bisa mengganti air es dengan santan agar hasilnya lebih gurih.

Guna memudahkan, silahkan simak cara membuat kue bawang renyah dan gurih melalui step by step dibawah ini.
>> Resep dan Cara Membuat Stik Keju Renyah dan Gurih

Bahan Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 50 gr tepung sagu / tapioka
  3. 100 gr bawang merah
  4. 2 sdm margarin, cairkan
  5. 2 siung bawang putih
  6. 2 btg seledri, rajang halus
  7. 1 btr telur, kocok lepas
  8. 1/2 sdt baking powder
  9. 1 sdt garam
  10. 1/2 sdt kaldu bubuk
  11. 2 sdm air es atau santan (jika suka)

Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih

  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih dengan cara diulek atau bisa juga menggunakan blender. Jika menggunakan blender, usahakan jangan terlalu lumat agar tekstur dan aroma bawangnya lebih kuat. Sisihkan.
  2. Campur semua bahan kering seperti tepung terigu, tepung sagu, baking powder, garam dan kaldu bubuk.
  3. Masukkan bahan-bahan lainnya seperti telur, margarin, seledri, air es dan tak lupa bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
  4. Uleni menggunakan tangan hingga membentuk gumpalan adonan. Jangan diuleni terlalu kuat apalagi sampai kalis ya, nanti kue bawangnya malah keras. Uleni hingga tidak lengket di tangan.
  5. Bagilah adonan menjadi beberapa bagian kemudian gulungkan agar bentuknya memanjang. Kurang lebih sebesar sosis untuk setiap bagiannya.
  6. Giling adonan sebanyak 2-3 kali proses penggilingan agar adonan menjadi halus.
  7. Jika sudah tipis dan halus, potonglah adonan sesuai selera. Bisa dibentuk segi tiga atau dibentuk stik menggunakan gilingan mie.
  8. Goreng kue bawang hingga matang. Setelah berubah warna menjadi kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
>> Resep dan Cara Membuat Cireng Salju Bumbu Rujak
Nah, bagaimana? Mudah bukan? Cara membuat kue bawang renyah dan gurih tidak berbeda dengan membuat stik keju. Cuma berbeda bahan bakunya saja.

Dan untuk takaran bahan, perkirakan saja karena resepnya tidak mesti persis. Selamat mencoba ya, salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih
4/ 5
Oleh