Resep dan Cara Membuat Cireng Salju Bumbu Rujak Spesial

Resep Cireng Salju Bumbu Rujak - Cireng salju, cemilan yang tengah populer karena rasanya yang gurih dan lezat. Selain itu, cireng salju juga memiliki tekstur yang renyah di luar namun terasa empuk didalam.

Sebenarnya, cireng salju ini adalah sebuah merk yang digawangi oleh beberapa pemuda Indonesia untuk mempopulerkan makanan khas Nusantara. Namun seiring kepopulerannya, cireng salju seolah menjadi ikon untuk istilah cireng yang lezat dengan tekstur yang lembut.
Resep Cireng Salju Bumbu Rujak, Cara Membuat Cireng Salju Bumbu Rujak
Cireng Salju / dapurnikmat.yukbisnis.com
>> Resep dan Cara Membuat Cireng Isi Sosis Pedas
Seperti pada resep kita kali ini, kita akan membuat cireng ala cireng salju dengan bumbu rujak. Cara membuat cireng salju bumbu rujak sebetulnya cukup gampang, dengan bahan-bahan yang sederhana. Yuk simak selengkapnya!

Resep Cireng Salju Bumbu Rujak Spesial

Seperti membuat cireng biasa pada umumnya, cireng salju juga menggunakan tepung tapioka sebagai bahan utamanya. Untuk mendapatkan rasa yang gurih dan tekstur yang empuk, kita bisa menambahkan santan kedalam adonannya.

Penambahan santan juga dimaksudkan untuk mendapatkan rasa yang gurih tanpa menggunakan MSG. Jadi bisa dibilang, cireng ini lebih sehat baik untuk dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa.

Yuk simak bahan apa saja yang kita perlu persiapkan untuk resep cireng salju bumbu rujak kali ini. Simak juga cara membuat cireng salju bumbu rujak melalui step by step yang akan disertakan berikut ini.
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

Bahan Resep Cireng Salju Bumbu Rujak

  1. 250 gr tepung tapioka / sagu
  2. 250 ml santan
  3. 1 btg daun bawang, rajang halus
  4. 1 siung bawang putih, haluskan (opsional)
  5. 1 sdt garam, atau secukupnya
  6. tepung sagu secukupnya untuk taburan

Bahan Bumbu Rujak

  1. 75 gr gula jawa / gula aren
  2. 10 bh cabe rawit, atau sesuai selera
  3. 1/2 sdt asam jawa
  4. 1/2 sdt terasi
  5. garam secukupnya
  6. sedikit air

Cara Membuat Cireng Salju Bumbu Rujak

  1. Siapkan wadah. Masukkan tepung sagu, daun bawang, bawang putih halus dan garam. Aduk rata.
  2. Didihkan santan sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih segeralah angkat.
  3. Tuangkan santan mendidih pada campuran tepung sagu. Jangan tuangkan sekaligus ya, tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula. Tidak usah dituangkan semua, perkirakan saja dulu teksturnya.
  4. Aduk adonan menggunakan spatula kayu. Aduk kuat-kuat hingga membentuk adonan yang mirip seperti lem. Jika adonan terlalu kaku, bisa ditambahkan lagi air santan yang tadi. Aduk lagi hingga adonan merata.
  5. Selanjutnya, bentuklah adonan menjadi bulatan-bulatan kemudian pipihkan dengan cara menekan bulatan adonan menggunakan telapak tangan. Agar tidak lengket, taburi dulu telapak tangan dengan tepung sagu.
  6. Setelah cireng dibentuk, taburi permukaannya dengan sedikit tepung sagu agar cireng tidak menempel satu sama lain. Apalagi jika membuat dalam jumlah yang cukup banyak dan tidak langsung digoreng.
  7. Untuk menyajikannya, goreng cireng hingga matang. Goreng hingga permukaan luarnya renyah. Angkat dan tiriskan.
  8. Membuat bumbu rujak: ulek semua bahan bumbu rujak kecuali air. Setelah bumbu rujak halus, baru tambahkan air secukupnya hingga teksturnya seperti sambal. Jika ingin membuat dalam jumlah yang cukup banyak, didihkan dulu bumbu rujak agar lebih awet dan tidak cepat basi.
  9. Sajikan cireng salju bersama dengan bumbu rujaknya. Mantap!
>> Resep dan Cara Membuat Siomay Bandung Spesial
Mmmm, mantap banget. Apalagi jika bumbu rujaknya dibuat super pedas, dijamin nambah! Kalian tertarik mencobanya? Selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Cireng Salju Bumbu Rujak Spesial
4/ 5
Oleh