Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Tanpa Daging, Sederhana dan Praktis

Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging - Jenis martabak telur mini memang paling gampang dibuat karena bisa menggunakan kulit lumpia sebagai bahan kulitnya. Meskipun mini, rasanya tidak kalah enak dengan martabak telur versi reguler karena bahan-bahan yang digunakan pun tidak jauh berbeda.

Pada resep kali ini, kita akan membuat martabak telur mini tanpa menggunakan daging. sebagai penggantinya, kita bisa menggunakan sayuran. Rasanya lebih lezat dan lebih bertekstur karena mengandung cukup serat yang berasal dari sayuran.
Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging, Cara Membuat Martabak Telur Mini Tanpa Daging
Martabak Telur Mini
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan
Cara membuat martabak telur mini tanpa daging ini sangat mudah dan cukup praktis. Dengan menggunakan kulit lumpia, proses pembuatannya juga bisa lebih cepat. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak berikut ini!

Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging

Sayuran yang bisa kita gunakan untuk isian martabak telur mini sebetulnya tidak terbatas pada bahan tertentu. Namun secara umum, biasanya isian menggunakan sayuran seperti kentang, wortel, bawang bombay, daun bawang, jamur dan lain sebagainya.

Yuk langsung saja kita simak, bahan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk resep martabak telur mini tanpa daging kali ini. Simak juga cara membuat martabak telur mini tanpa daging melalui step by step dibawah ini.
>> Resep dan Cara Membuat Cireng Salju Bumbu Rujak

Bahan Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging

  1. 10 lbr kulit lumpia
  2. 1 btr telur
  3. 2 btg daun bawang, rajang halus
  4. 2 btg daun seledri, rajang halus

Bahan Isian Tumis

  1. 2 bh wortel, potong dadu kecil-kecil
  2. 2 bh kentang, potong dadu kecil-kecil
  3. 1 bh bawang bombay, potong kotak
  4. 3 bh jamur tiram, potong dadu
  5. 1/2 sdt lada bubuk
  6. garam secukupnya
  7. kaldu bubuk secukupnya

Bumbu Halus

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 10 bh cabe rawit, bagi yang suka pedas

Cara Membuat Martabak Telur Mini Tanpa Daging

  1. Tumis bumbu halus bersama dengan bawang bombay. Tumis hingga matang dan harum ya, agar lebih berasa dan beraroma.
  2. Masukkan bahan sayuran seperti kentang, wortel, dan jamur tiram. Tumis beberapa saat hingga sayuran agak layu.
  3. Bubuhkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Tuangkan 1 sendok makan air untuk melarutkan bumbu, aduk rata. Tumis sebentar lagi kemudian angkat. Jangan kuatir jika sayuran masih setengah matang, karena nanti juga akan matang saat martabak digoreng. Angkat tumisan sayuran dan biarkan hingga cukup dingin.
  4. Kocok telur ayam bersama dengan daun bawang dan daun seledri. Tuangkan telur kocok kedalam tumisan sayuran dan aduk merata.
  5. Panaskan minyak goreng. Kita akan menggoreng martabak telur mini secara bertahap. Jadi pastikan penggorengan sudah siap digunakan.
  6. Siapkan kulit lumpia, beri isian tumisan sayuran secukupnya. Lipatkan kulit lumpia dari 4 sisi sehingga membentuk persegi. Buatlah beberapa saja dulu untuk sekali menggoreng, karena jika tidak langsung digoreng biasanya kulit lumpia bisa bocor.
  7. Goreng martabak telur mini hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat. Ulangi langkah yang sama secara bertahap.
  8. Sajikan martabak telur mini bersama dengan cabe rawit atau saus sambal.
>> Resep dan Cara Membuat Risoles Mayonaise Sosis Sederhana
Gampang bukan? Dengan menggunakan kulit lumpia, cara membuat martabak telur mini tanpa daging menjadi lebih praktis. Namun memang pembuatannya harus secra bertahap, karena jika martabak mini dibuat sekaligus dan tidak digoreng langsung maka kulit lumpianya bisa robek.

Versi martabak mini ini cukup ekonomis dan bisa dibuat kapan saja. Untuk urusan rasa jangan ditanya, biarpun ekonomis tanpa menggunakan daging, namun rasanya sangat enak, lho. Selamat mencoba ya, salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Tanpa Daging, Sederhana dan Praktis
4/ 5
Oleh