Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Sederhana Isi Sayuran Pedas

Resep Kroket Kentang Isi Sayuran - Salah satu jenis kroket yang cukup populer sebagai cemilan yang lezat dan sehat adalah kroket kentang. Biasanya kroket yang terbuat dari bahan dasar kentang diberi isian yang beragam seperti daging, udang serta yang paling umum adalah isi sayuran.

Seperti kali ini, kita akan membuat kroket kentang yang diberi isian berupa tumisan sayuran pedas. Sudah kebayang kan bagaimana rasanya, tumisan sayuran yang pedas berpadu dengan lembutnya kentang dengan luaran yang berlapis tepung roti yang gurih dan keriuk.
Resep Kroket Kentang Isi Sayuran, Cara Membuat Kroket Kentang Sederhana Isi Sayuran
Resep Kroket Kentang Isi Sayuran
Seperti kelihatannya, cara membuat kroket kentang isi sayuran pedas memang mudah dan juga cukup praktis tanpa memerlukan keahlian memasak kelas profesional. Secara garis besar, kroket kentang adalah kentang yang dihluskan dengan diberi isian. Kurang lebih seperti membuat perkedel kentang yang memiliki isi.

Untuk membuat adonan kulitnya, kentang harus dimasak terlebih dahulu dengan cara dikukus atau direbus. Agar hasilnya lebih bagus, lebih baik kentang dikukus agar kadar airnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan direbus.

Setelah kentang matang, segera haluskan selagi panas menggunakan ulekan. Dalam keadaan panas, kentang lebih mudah hancur serta lebih lengket sehingga lebih mudah dibentuk nantinya. Tambahkan garam, kaldu bubuk, seledri dan daun bawang agar kentang lebih berasa dan memiliki aroma yang lebih sedap.

Setelah halus, barulah kentang diberi isian seperti layaknya membuat comro. Baru setelah itu kroket kentang isi sayuran dibalut dengan tepung roti dan digoreng hingga matang.

Sudah terbayang bukan rasanya? Yuk kita simak step by step cara pembuatannya beriku ini.

Resep Kroket Kentang Isi Sayuran Pedas

Dalam resep kita kali ini, kulit kroket yang terbuat dari kentang akan kita beri tambahan bahan seperti daun bawang dan daun seledri. Dengan begitu, tidak hanya isinya, tetapi kulitnya juga akan memiliki cita rasa dan aroma yang sedap sehingga lebih menggugah selera.

Untuk isiannya, kita bisa menggunakan sayuran yang umum tersedia di dapur. Sayuran yang kita gunakan disini tidak terbatas, bisa menggunakan beraneka macam sayuran bahkan bisa menggunakan satu jenis saja. Semua kembali pada selera masing-masing serta ketersediaan bahan di rumah. Berikut ini bahan-bahan lengkapnya.

Bahan Resep Kroket Kentang Isi Sayuran

  1. 500 gr kentang
  2. 2 btg daun seledri, iris halus
  3. 1 btg daun bawang, iris halus
  4. 1 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. 1/2 sdt lada bubuk
  7. 2 btr telur, kocok lepas
  8. tepung roi/panir secukupnya
  9. minyak untuk menggoreng

Bahan Isian

  1. 5 lbr daun kol, iris halus memanjang
  2. 2 btg wortel, cincang dadu
  3. 6 bh buncis, potong pendek-pendek
  4. 1 genggam taoge
  5. 1 sdt garam
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. 1/2 sdt gula pasir
  8. 1 sdm saus tiram
  9. minyak untuk menumis

Bumbu Halus Untuk Isian

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 6 bh cabe rawit

Cara Membuat Kroket Kentang Isi Sayuran Sederhana

  1. Kupas kentang dan bersihkan. Rebus atau kukus kentang hingga matang dan lunak, angkat.
  2. Haluskan kentang selagi panas menggunakan ulekan. Masukkan daun seledri, daun bawang, garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk rata kemudian sisihkan dulu.
  3. Sekarang kita membuat isiannya dulu. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
  4. Masukkan irisan kol, wortel, buncis dan toge. Masukkan juga bumbu-bumbu seperti garam, gula pasir, kaldu bubuk dan saus tiram.
  5. Aduk rata dan tumis hingga sayuran agak layu. Angkat kemudian biarkan beberapa saat hingga agak dingin.
  6. Ambil kurang lebih 2 sendok makan adonan kentang, bulatkan kemudian pipihkan hingga membentuk cekungan seperti mangkuk.
  7. Masukkan isian secukupnya kedalam kentang kemudian bulatkan kembali, bisa juga dibentuk lonjong sesuai selera. Lakukan langkah tersebut pada semua sisa adonan kentang dan isian.
  8. Celupkan kroket kedalam kocokan telur kemudian angkat dan gulingkan kedalam tepung roti.
  9. Goreng kroket hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat.
  10. Sajikan dan nikmati kroket selagi hangat bersama dengan saus sambal atau cabe rawit.
Resep kroket kentang isi sayuran ini memiliki cita rasa pedas dengan tingkat kepedasan sedang. Jika kalian suka dengan isian yang ekstra pedas, kalian bisa menambahkan cabe rawit sesuai selera. Juga sebaliknya, jika tidak suka pedas maka tinggal skip saja cabe rawitnya.

Bagaimana menurut kalian, cara membuat kroket kentang isi sayuran ini cukup mudah bukan? Selama mencoba dan selamat berkreasi di dapur. Salam Jajan Pinggiran !
Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Sederhana Isi Sayuran Pedas
4/ 5
Oleh