Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Pisang Keju Spesial

Resep Bolu Kukus Pisang Keju - Kreasi bolu kukus kali ini menggunakan bahan campuran berupa pisang. Dengan tambahan keju dan susu yang membuatnya semakin mantap, legit dan gurih.

Bolu kukus pisang keju memiliki aroma yang sangat khas, wangi menggugah selera. Selain itu, rasanya juga sangat mantap, manis legit dan ada rasa gurihnya yang berasal dari keju.
Resep Bolu Kukus Pisang Keju, Cara Membuat Bolu Kukus Pisang Keju
Bolu Kukus Pisang / lovetocooklovetoeat.blogspot.com
>> Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras
Bagaimana cara membuatnya? Cara membuat bolu kukus pisang keju ini cukup mudah, tidak jauh berbeda dengan proses pembuatn bolu kukus reguler atau bolu kukus pelangi. Untuk lebih jelasnya, yuk mari kita simak selengkapnya!

Resep Bolu Kukus Pisang Keju Spesial

Pisang yang bisa kita gunakan untuk bahan campuran bolu kukus tidak terbatas pada jenis pisang tertentu. Kita bisa menggunakan pisang kepok, pisang raja atau pisang uli. Usahakan gunakan pisang yang sudah cukup matang, agar teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih manis.

Apa saja bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep bolu kukus pisang keju kali ini? Kalian bisa simak selengkapnya dibawah ini, beserta cara membuat bolu kukus pisang keju melalui step by step.
>> Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Sederhana

Bahan Resep Bolu Kukus Pisang Keju

  1. 200 gr tepung terigu (+/- 1 gelas)
  2. 150 gr gula pasir, atau sesuai selera
  3. 150 gr pisang (+/- 2-5 buah, tergantung ukuran)
  4. 100 gr margarin, cairkan
  5. 50 gr keju cheddar, parut halus
  6. 100 ml susu cair (+/- 1/2 gelas)
  7. 1/2 sdm cake emulsifier (TBM / SP)
  8. 3 btr telur

Cara Membuat Bolu Kukus Pisang Keju Spesial

  1. Haluskan pisang dengan cara diblender. Jika ingin bolu pisangnya masih bertekstur, hancurkan saja pisang menggunakan garpu. Sisihkan.
  2. Siapkan kukusan. Isi dengan air secukupnya kemudian didihkan dengan api sedang. Jangan lupa, bungkus penutupnya dengan serbet bersih agar embunnya tidak menetes ke bolu.
  3. Siapkan wadah, kocok telur bersama dengan gula pasir dan cake emulsifier dengan kecepatan rendah. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur merata, tuangkan susu cair. Tingkatkan kecepatan dan kocok hingga mengembang dan berjejak (kaku).
  4. Masukkan tepung terigu, keju cheddar parut dan pisang yang sudah dihancurkan. Masukkan secara bertahap sambil diaduk perlahan-lahan menggunakan spatula.
  5. Terakhir, masukkan margarin cair. Aduk perlahan hingga merata.
  6. Siapkan cetakan bolu kukus. Olesi permukaan dalamnya menggunakan margarin atau bisa juga menggunakan minyak goreng.
  7. Tuangkan adonan kedalam cetakan. Kini adonan siap dikukus.
  8. Cek kukusan, karena sudah dipersiapkan dari tadi maka kukusan sudah bisa digunakan. Kukus adonan bolu selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang sempurna. Cara mengeceknya, gunakan lidi dan tusuk bolu di bagian yang paling tebal, tarik lagi. Jika pada lidi tidak menempel adonan, berarti bolu kukus sudah cukup matang.
  9. Angkat bolu kukus dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, masukkan kedalam lemari es agar lebih nikmat.
>> Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Sederhana
Cara membuat bolu kukus pisang keju memang relatif lebih mudah ketimbang membuat bolu kukus pelangi. Karena kita tidak perlu membuat lapisan demi lapisan, cukup sekali proses saja.

Biarpun gampang dan sederhana, namun rasanya jangan ditanya. Tekstur bolu kukus yang lembut berpadu dengan manis legitnya pisang dan aroma yang menggugah selera. Selamat mencoba ya, salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Pisang Keju Spesial
4/ 5
Oleh