Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Rose Brand

Resep Kue Lapis Tepung Beras Rose Brand - Kue lapis tepung beras memang terlihat cantik dan menggoda selera. Apalagi bagi anak-anak, semakin mencolok warnanya, maka semakin cantik dan semakin menggoda kelihatannya. Kue yang satu ini juga gampang dibuat, lho. Yuk simak!

Kali ini, kita akan membuat kue lapis yang berbahan dasar tepung beras Rose Brand. Tepung beras yang sangat populer dan memang kualitasnya juga terbaik sehingga sangat mudah didapat.

Kalian juga bisa menggunakan tepung beras lainnya, atau mengolahnya sendiri langsung dari beras di tempat yang menyediakan jasa pengolahan tepung.
Resep Kue Lapis Tepung Beras Rose Brand, Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Rose Brand
Kue Lapis Tepung Beras
>> Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Keju Spesial
Cara membuat kue lapis tepung beras Rose Brand sebetulnya cukup mudah. Namun memang memerlukan kesabaran karena kue ini dibuat lapis demi lapis. Apalagi jika menggunakan banyak warna, diperlukan sedikit kesabaran. Yuk simak!

Resep Kue Lapis Tepung Beras Rose Brand

Untuk membuat kue lapis tepung beras, maka diperlukan setidaknya dua warna adonan. Untuk resep kali ini, kita cuma menggunakan dua warna saja yaitu hijau dan putih.

Warna hijau akan kita peroleh dari ekstrak daun suji dan daun pandan, juga ditambah dengan pasta pandan. Sementara warna putihnya cukup mengandalkan adonan tanpa diwarnai.

Jika kalian ingin membuat lebih banyak warna, maka bagilah adonan sesuai jumlah warna yang diinginkan. Silahkan lakukan eksperimen untuk mendapatkan perpaduan warna yang menarik.

Berikut ini adalah daftar bahan yang kita perlukan untuk resep kue lapis tepung beras Rose Brand. Disini kita menggunakan santan, jika tidak suka, maka bisa diganti dengan susu cair atau susu kental manis dicampur air.

Untuk mempermudah, silahkan ikuti cara membuat kue lapis tepung beras Rose Brand melalui step by step yang disertakan dibawahnya. Yuk simak langsung!
>> Resep dan Cara Membuat Kue Nastar Keju Spesial Lebaran

Bahan Resep Kue Lapis Tepung Beras Rose Brand

  1. 150 gr tepung beras Rose Brand
  2. 50 gr tepung tapioka / kanji / sagu
  3. 125 gr gula pasir / sesuai selera
  4. 800 ml santan
  5. 1 sdt pasta pandan
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt vanili bubuk

Bahan Sari Pandan

  1. 5 lbr daun pandan wangi
  2. 5 lbr daun suji
  3. 1/2 gelas air

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Rose Brand

  1. Siapkan sari pandannya terlebih dahulu. Potong-potong daun pandan dan daun suji kemudian blenderlah dengan setengah gelas air. Saring dan ambil sarinya saja. Sisihkan.
  2. Siapkan panci. Rebus santan bersama dengan gula pasir, daun pandan, vanili bubuk dan garam sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Rebus hingga mendidih dan gula larut. Angkat kemudian dinginkan.
  3. Setelah dingin, masukkan tepung beras dan tepung sagu sambil diayak agar tidak menyisakan gumpalan pada adonan.
  4. Aduk merata hingga membentuk adonan yang bisa dituang.
  5. Bagi adonan menjadi dua bagian. Jika ingin membuat beberapa warna, bagi adonan sesuai jumlah warna yang digunakan.
  6. Untuk adonan pertama, biarkan saja berwarna putih. Untuk adonan kedua, tuangkan sari pandan dan pasta pandan. Aduk merata. Jika setelah ditambahkan sari pandan kemudian adonan menjadi terlalu encer, tambahkan lagi sedikit tepung beras kemudian aduk lagi hingga merata. Kini adonan sudah siap.
  7. Siapkan kukusan, bungkus penutupnya menggunakan serbet bersih agar ketika dibuka nanti embunnya tidak menetes pada kue. Panaskan hingga airnya mendidih dan uapnya banyak.
  8. Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng pada bagian permukaan dalamnya. Tuangkan adonan putih secukupnya untuk lapisan pertama. Jika ingin membuat banyak lapisan, maka setiap lapisan hendaknya tidak terlalu tebal.
  9. Kukus lapisan pertama selama kurang lebih 2-4 menit atau hingga lapisan menggumpal. Lamanya waktu tergantung ketebalan adonan. Setelah itu, tuangkan adonan hijau secukupnya untuk lapisan kedua, kukus lagi selama 2-4 menit. Lakukan langkah yang sama untuk setiap lapisan secara berselang seling warna.
  10. Setelah lapisan terakhir, kukus kue lapis selama kurang lebih 20 menit dan pastikan kue lapis matang sempurna.
>> Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Topping Oreo Ala Abang-Abang
Cara membuat kue lapis tepung beras Rose Brand memang memerlukan sedikit kesabaran, namun pada dasarnya tidak terlalu sulit. Bagaimanapun, kue ini cukup mudah dibuat dan kemungkinan gagalnya kecil.

Lamanya waktu pengukusan setiap adonan hanya berpengaruh pada gradasi warnanya. Jika waktu pengukusan setiap lapisan terlalu singkat, maka setiap lapisan akan memiliki gradasi warna tanpa batas yang jelas.

Jika waktu pengukusan setiap lapisan lebih lama, maka setiap lapisan akan memiliki batas lapisan yang jelas. Perbedaannya cuma disitu saja, jadi tidak akan gagal.

Resep kue lapis tepung beras Rose Brand kali ini cuma menggunakan dua warna saja. Jika kalian suka bereksperimen, buatlah beberapa warna sehingga penampilannya lebih menarik. Selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Rose Brand
4/ 5
Oleh