Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Keju Sederhana

Resep Kue Lumpur Kentang Keju - Kalian suka kue lumpur? Kudapan yang satu ini meiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis dan sedikit gurih. Biasanya, kue lumpur dibuat dari campuran kentang dan tepung terigu.

Kue lumpur banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, kue ini cukup populer sebagai jajanan yang murah meriah. Namun disamping itu, kue lumpur juga merupakan jajaan yang sehat dan memiliki nilai gizi.
Resep Kue Lumpur Kentang Keju Sederhana, Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Keju
Kue Lumpur Kentang / dapurmamaaisyah.blogspot.com
>> Resep dan Cara Membuat Es Krim Goreng Spesial
Kali ini, kita akan membuat kue lumpur kentang dengan topping keju. Cara membuat kue lumpur kentang keju ini cukup mudah dan sederhana. Karena kue ini tidak menggunakan pengembang, maka proses persiapannya bisa lebih cepat. Yuk kita simak!

Resep Kue Lumpur Kentang Keju Sederhana

Kue lumpur kentang menggunakan kentang kukus yang dihaluskan sebagai salah satu bahan utamanya. Untuk mempermudah, haluskan kentang selagi panas mengunakan ulekan yang dibungkus plastik atau bisa juga menggunakan garpu.

Ini dia bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep kue lumpur kentang keju sederhana kali ini. Disini kita menggunakan susu cair, bisa diganti dengan santan atau cukup menggunakan air biasa. Simak juga cara membuat kue lumpur kentang keju sederhana melalui step by step untuk lebih mempermudah. Cekidot!
>> Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Topping Oreo Ala Abang-Abang

Bahan Resep Kue Lumpur Kentang Keju

  1. 250 gr kentang kukus, haluskan
  2. 150 gr tepung terigu
  3. 100 gr gula pasir
  4. 100 gr margarin, cairkan
  5. 50 gr susu bubuk
  6. 2 btr telur
  7. 1/2 sdt vanili bubuk
  8. 400 ml susu cair (+/- 2 gelas)

Bahan Topping

  1. kismis secukupnya
  2. keju cheddar parut secukupnya

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Keju Sederhana

  1. Kocok telur, gula pasir dan vanili bubuk menggunakan mikser hingga mengembang dan gula larut.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk merata hingga membentuk adonan.
  3. Masukkan kentang kukus yang sudah dihaluskan. Aduk merata.
  4. Terakhir, masukkan margarin yang sudah dicairkan bersama dengan susu cair. Aduk merata hingga membentuk adonan yang bisa dituang.
  5. Siapkan cetakan kue lumpur, olesi tipis-tipis permukaan bagian dalamnya dengan margarin. Panaskan cetakan hingga benar-benar panas.
  6. Tuangkan adonan kue lumpur kedalam cetakan dengan ketinggian 2/3 hingga 3/4 dari tinggi lubang cetakan. Tutup cetakan dan biarkan adonan dimasak beberapa saat.
  7. Setelah kue lumpur setengah matang, beri topping sesuai selera. Topping bisa menggunakan kismis atau keju parut.
  8. Tutup lagi cetakan hingga kue lumpur matang. Angkat.
  9. Sajikan kue lumpur sebagai teman minum teh atau kopi.
>> Resep dan Cara Membuat Roti Maryam Spesial
Bagaimana? Cara membuat kue lumpur kentang keju sederhana ini tentunya tidak terlalu rumit bukan? Prosesnya tidak terlalu berbeda jauh dengan membuat kue cubit atau kue pancong. Cukup sederhana dan kemungkinan gagalnya kecil.

Resep kue lumpur kentang keju sederhana ini merupakan resep dasar. Bagi kalia yang suka berkreasi, silahkan kreasikan sesuai selera masing-masing untuk mendapatkan rasa yag lebih mantap. Selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Keju Sederhana
4/ 5
Oleh