Resep dan Cara Membuat Es Krim Goreng Sederhana dengan Roti Tawar

Resep Es Krim Goreng Roti Tawar - Es krim goreng memang cukup populer setelah kemunculannya beberapa tahun lalu. Mungkin untuk lebih tepatnya, makanan ini bernama roti goreng isi es krim. Karena memang es krimnya tidak digoreng secara langsung.

Es krim goreng memiliki cita rasa yang unik, dimana teksturnya kriuk untuk bagian luarnya dengan suhu yang panas. Sementara di bagian dalamnya memiliki tekstur lembut dengan suhu yang dingin. Perpaduan dua hal yang dulu dianggap tidak mungkin.
Cara Membuat Es Krim Goreng Sederhana, Resep Es Krim Goreng Roti Tawar
Es Krim Goreng Sederhana
>> Resep dan Cara Membuat Singkong Thailand Topping Keju
Biasanya, cara paling mudah untuk membuat es krim goreng adalah dengan menggunakan roti tawar. Selain praktis dan murah, cara membuat es krim goreng sederhana seperti ini juga merupakan cara yang paling cepat.

Mula-mula, es krim kita letakkan diatas selembar roti tawar. Kemudian ditutup dengan roti tawar lainnya, Setelah itu, kedua lebar roti tawar disatukan dengan menggunakan gelas / cangkir sehingga es krim 'terperangkap' didalamnya.

Sementara bagian tengah roti yang berada di dalam lingkaran muka gelas, terlepas dari pinggirannya akibat tekanan gelas. Intinya, proses ini membuat es krim agar terbungkus roti sehingga bisa dengan mudah digoreng.
Cara Membuat Es Krim Goreng Sederhana, Resep Es Krim Goreng Roti Tawar
Es Krim Goreng Sederhana: cookpad.com
Langkah selanjutnya adalah membiarkan roti es krim didalam freezer hingga beku. Jika langsung digoreng, suhu es krim tidak cukup dingin untuk menahan panasnya minyak goreng. Sehingga yang terjadi biasanya es krim akan meleleh ketika digoreng.

Setelah beku, barulah roti es krim siap untuk digoreng. Celupkan dulu kedalam kocokan telur agar bisa diselimuti dengan tepung roti. Sehingga tekstur nantinya setelah digoreng akan lebih renyah dan gurih.

Resep Es Krim Goreng Roti Tawar Ala Rumahan

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan roti tawar yang masih 'fresh from the oven' sehingga teksturnya lebih kenyal dan empuk. Selain itu, proses pembuatannya juga lebih mudah karena roti yang bagus memiliki kadar serat yang tinggi.

Sementara untuk es krimnya, kita bisa menggunakan sembarang rasa sesuai dengan selera. Namun menurut pengalaman, paling enak menggunakan rasa dasar seperti coklat, vanila atau stroberi. Karena memang rasanya masih cukup familiar dan tidak menghasilkan aroma yang aneh saat digoreng.

Berikut ini adalah daftar bahan yang kita perlukan untuk resep es krim goreng roti tawar. Agar lebih mudah dipahami, silahkan ikuti cara membuat es krim goreng sederhana melalui step by step berikut ini ya!
Lainnya >> Resep dan Cara Membuat Risoles Mayonaise Sosis

Bahan Resep Es Krim Goreng Roti Tawar

  1. 10 lbr roti tawar kualitas terbaik
  2. es krim secukupnya, rasa sesuaikan dengan selera
  3. topping sesuai selera
  4. minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis

  1. 1 btr telur, kocok lepas
  2. tepung roti kasar secukupnya

Cara Membuat Es Krim Goreng Sederhana

  1. Ambil selembar roti tawar. Ambil sesendok es krim, kemudian letakkan diatas roti tawar.
  2. Ambil selembar roti tawar lagi, kemudian letakkan diatas roti tawar yang pertama sehingga menutupi es krimnya. Jadi sekarang es krim berada diantara dua lembar roti tawar.
  3. Ambil gelas / cangkir. Letakkan cangkir dalam keadaan tertelungkup diatas roti yang kedua (roti yang menutupi es krim). Atur sedemikian rupa hingga es krim yang berada diantara kedua lembar roti berada di tengah lingkaran gelas.
  4. Tekan gelas / cangkir dengan keras sehingga kedua lembar roti menjadi menyatu. Sementara bagian tengah roti terlepas dari bagian pinggirannya dikarenakan tekanan permukaan gelas. Lakukan hal yang sama terhadap semua sisa roti dan es krim.
  5. Jika sudah, taruh roti es krim kedalam freezer dan biarkan hingga beku.
  6. Sesudah beku, roti es krim siap untuk digoreng. Celupkan roti es krim kedalam kocokan telur, kemudian gulingkan diatas tepung roti.
  7. Goreng roti es krim hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  8. Es krim goreng siap untuk disajikan dengan topping sesuai selera.
>> Resep dan Cara Membuat Bakso Bakar Sederhana Bumbu Kacang
Mudah sekali bukan? Cara membuat es krim goreng sederhana dengan cara seperti ini memang paling praktis. Hasilnya cantik dan rasanya tak kalah lezat. Pokoknya memuaskan.

Resep es krim goreng roti tawar ini juga bisa kalian kreasikan sesuai dengan selera masing-masing. Misalnya diberi topping yang beraneka ragam seperti susu kental manis coklat, coklat meses butiran, wafer roll, atau diberi es krim juga sebagai toppingnya. Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Es Krim Goreng Sederhana dengan Roti Tawar
4/ 5
Oleh