Resep dan Cara Membuat Es Cendol Bandung Sederhana

Resep Es Cendol Bandung - Kalian tentunya sudah tahu seperti apa yang namanya cendol. Biasanya, cendol lazim dibuat dengan warna hijau dan beraroma pandan. Gaya tersebut sepertinya gaya khas cendol hingga menjadi istilah di forum-forum dalam negeri.

Es cendol dan es dawet adalah minuman yang serupa secara penampilan. Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu dari bahan dasar pembuatnya. Cendol (Bandung) dibuat dari tepung hunkwee sedangkan dawet (Jepara) dibuat dari bahan dasar utama tepung beras.
Resep Es Cendol Bandung, Cara Membuat Es Cendol Bandung
Es Cendol Bandung / sajiansedap.com
>> Resep dan Cara Membuat Es Teler Spesial
Pada resep kita kali ini, kita akan membuat es cendol khas Bandung yang mana menggunakan tepung hunkwee sebagai bahan utamanya. Cara membuat es cendol bandung sebetulnya relatif mudah dan murah, namun rasanya lezat dan tentunya sehat.

Es cendol dibuat dengan cara mendidihkan adonan cendol. Jika diperhatikan, prosesnya tidak jauh berbeda dengan membuat bubur sumsum atau membuat selendang mayang. Cuma berbeda beberapa bahan saja, namun pada prosesnya kurang lebih sama.

Setelah adonan menggumpal dan matang, adonan cendol kemudian harus dicetak selagi panas. Jika sudah dingin, adonan akan sulit dicetak dan hasilnya tidak bagus. Jadi usahakan, secepat mungkin adonan harus dicetak semuanya sebelum menjadi dingin.

Cendol yang sudah dicetak kemudian direndam dalam air es. Prosesnya dilakukan secara kontinyu saat cendol keluar dari cetakan maka langsung menuju kedalam air es. Tujuannya, agar cendol tidak menyatu satu sama lain, juga cendol lebih cepat menggumpal / memadat.

Sampai disini, cendol sudah siap. Tinggal disajikan dengan bahan-bahan pelengkapnya seperti sirup gula dan santan. Cocok dinikmati siang maupun sore hari.

Resep Es Cendol Bandung Spesial

Pada dasarnya, cendol dibuat dari tepung hunkwee. Disini kita menggunakan campuran tepung beras dan tepung sagu. Tujuannya, agar cendol lebih bertekstur dan lebih kenyal. Sehingga memiliki cita rasa dan tekstur yang pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu kenyal.

Sedangkan untuk bahan santan, bisa menggunakan santan kemasan agar lebih praktis. Santan kemasan memiliki kekentalan yang lebih tinggi dibanding santan kelapa segar. Jadi gunakan sesuai perkiraan saja dan tambahkan air matang saat dididihkan untuk mengatur kekentalannya.

Daftar dibawah ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep es cendol Bandung kita kali ini. Untuk tahapan cara membuat es cendol Bandung yang lebih rinci, silahkan simak step by stepnya berikut.
Lainnya >> Resep dan Cara Membuat Es Doger Sederhana Ala Rumahan

Bahan Resep Es Cendol Bandung

  1. 100 gr tepung hunkwee
  2. 5 sdm tepung beras
  3. 2 sdm tepung sagu
  4. 150 ml santan kental
  5. 1 sdt pasta pandan
  6. 1/2 sdt vanili bubuk
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1 ltr air
  9. es batu secukupnya
  10. air matang secukupnya untuk merendam cendol

Bahan Santan

  1. 250 ml santan kental
  2. 1/2 sdt garam
  3. 2 lbr daun pandan

Bahan Sirup Gula

  1. 250 gr gula jawa, sisir halus
  2. 100 gr gula pasir
  3. 500 ml air
  4. 5 bh daging buah nangka

Cara Membuat Es Cendol Bandung

  1. Sebagai langkah pertama, kita bisa membuat sirup gulanya terlebih dahulu. Satukan semua bahan untuk membuat sirup gula, kemudian didihkan sambil diaduk-aduk agar gula larut. Masak hingga daging buah nangka layu sehingga aromanya keluar. Angkat kemudian dinginkan, sisihkan.
  2. Selanjutnya membuat santan untuk pelengkap sajian. Didihkan semua bahan untuk kuah santan sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Tidak usah terlalu lama, cukup didihkan sebentar agar santan tidak cepat basi dan menggumpal. Sisihkan.
  3. Saatnya membuat cendol. Satukan semua bahan cendol dalam panci / wajan (kecuali air matang untuk merendam cendol dan potongan es batu), aduk merata hingga tidak ada gumpalan.
  4. Hidupkan kompor dan masak adonan cendol diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga menggumpal. Cicipi rasanya, jika masih terasa tekstur tepungnya, berarti cendol belum matang. Aduk terus perlahan hingga matang sempurna.
  5. Siapkan baskom yang berisi air matang dan potongan es batu.
  6. Angkat cendol dari kompor. Tuang cendol kedalam cetakan cendol yang diletakkan diatas baskom berisi air es. Tekan cetakan biar adonan cendol merembes kebawah cetakan dan berjatuhan kedalam baskom yang berisi air es. Jika tidak punya cetakan cendol, kita bisa menggunakan ayakan bambu. Namun adonan cendol harus sedikit diremas agar bisa lolos kedalam lubang-lubang ayakan bambu.
  7. Biarkan cendol yang sudah tercetak didalam air es hingga cendol benar-benar menggumpal dan memadat.
  8. Untuk menyajikannya, ambil cendol secukupnya dan tuangkan kedalam gelas saji. Masukkan es batu, kemudian siram dengan santan dan sirup gulanya.
  9. Es cendol khas Bandung siap disajikan. (untuk 10 porsi)
>> Resep dan Cara Membuat Es Pisang Ijo Sederhana Khas Makassar
Tidak terlalu sulit bukan? Cara membuat es cendol Bandung sebenarnya cukup simpel. Tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan bubur sumsum. Hanya saja berbeda bahan dan proses akhirnya. Dawet memerlukan selangkah proses lagi yaitu pencetakan.

Resep es cendol Bandung ini sudah melalui penyesuaian. Jika kalian memiliki selera yang berbeda, juga silahkan disesuaikan dengan selera. Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran!
loading...
Resep dan Cara Membuat Es Cendol Bandung Sederhana
4/ 5
Oleh