Resep dan Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat Empuk dan Lembut

Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk - Roti goreng ini menggunakan adonan yang mirip dengan donat. Bedanya yaitu pada tekstur adonan yang lebih lembek dan lebih lembut serta roti goreng ini menggunakan isian berupa coklat.

Roti goreng yang dihasilkan memiliki tekstur yang lembut dengan rongga-rongga udara didalamnya yang membuat roti lebih empuk. Rasanya gurih, dengan aroma harum khas roti goreng yang menggugah selera.
Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk dan Lembut, Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat Lembut
Roti Goreng / resepkoki.id
>> Resep dan Cara Membuat Roti Maryam Sederhana
Cara membuat roti goreng isi coklat lembut ini sebetulnya cukup mudah. Namun untuk membuatnya lembut dan empuk memang ada tehniknya. Agar lembut dan empuk, adonan roti harus mengembang sempurna sebelum adonan dogoreng.

Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakanlah tepung terigu berkualitas terbaik. Jenis tepung terigu yang digunakan paling tidak adalah tepung terigu sebaguna atau protein sedang. Jika ingin lebih empuk, gunakanlah tepung terigu berprotein tinggi.

Oh ya, untuk gula pasir, jangan terlalu banyak ya. Untuk takaran 1/4 kilogram tepung, gula pasirnya cukup 2 sendok makan saja. Jika terlalu banyak mengandung gula, maka warna roti akan cepat gosong saat digoreng.

Yuk kita tengok, bahan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk resep roti goreng isi coklat empuk ini. Untuk pembuatannya, simak juga cara membuat roti goreng isi coklat lembut melalui step by step yang akan dibahas dibawah ini.
>> Resep dan Cara Membuat Es Krim Goreng Menggunakan Roti Tawar

Bahan Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna (+/- 2 gelas)
  2. 100 ml susu cair (1/2 gelas)
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 1 sdm ragi instan (1/2 bungkus)
  5. 1 btr telur
  6. 100 gr margarin
  7. 1/2 sdt garam
  8. 50 gr dark cooking chocolate untuk isian, potong dadu

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat Lembut dan Empuk

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk merata.
  2. Masukkan telur, aduk rata menggunakan tangan.
  3. Uleni adonan menggunakan tangan. Sambil diuleni, tuangkan susu cair kedalam adonan secara bertahap sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan menggumpal dan kalis, tidak lengket di tangan.
  4. Terakhir, masukkan margarin dan garam. Uleni lagi hingga adonan merata dan kalis. Perlu diperhatikan, margarin dan garam hendaknya dimasukkan paling terakhir. Jika dicampur bersamaan dengan ragi, margarin dan garam bisa membunuh mikroorganisme yang terkandung pada ragi. Hasilnya nanti rotinya menjadi kurang mengembang sempurna.
  5. Setelah adonan kalis, tutuplah adonan menggunakan plastik. Biarkan adonan selama minimal 1 jam hingga adonan mengembang.
  6. Jika proses pembuatan adonannya benar, adonan yang sudah didiamkan akan mengembang hingga dua kali lipat dari volume semula. Jika diperhatikan, didalam adonan yang bagus akan memiliki serat-serat dan rongga-rongga. Kempiskan adonan dan bagilah adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran roti goreng yang akan dibuat.
  7. Masukkan isian kedalam masing-masing bagian adonan roti. Bulatkan lagi hingga rapi.
  8. Setelah diberi isian, diamkan bulatan adonan selama kurang lebih 10 menit hingga mengembang lagi.
  9. Goreng roti diatas api kecil hingga mengembang dan matang. Jangan menggoreng dengan api yang terlalu besar ya, karena nanti rotinya bisa cepat gosong sementara isinya belum matang.
  10. Setelah matang, angkat roti dan tiriskan. Nikmati selagi hangat!
>> Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Cara membuat roti goreng isi coklat lembut dan empuk ini tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan donat. Terutama pada proses pembuatan adonan, yang intinya membuat adonan yang mengembang sempurna.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat Empuk dan Lembut
4/ 5
Oleh