Resep dan Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele Renyah

Resep Kerupuk Ikan Lele - Beberapa jenis kerupuk masih jarang dan belum banyak diperjual belikan di pasaran, salah satunya adalah kerupuk ikan lele. Padahal, kerupuk ini berpotensi untuk dikembangkan mengingat budidaya ikan lele cukup mudah dan hasil perikanan dari budidaya ikan lele cukup tinggi. Ikan lele memiliki harga jual yang cukup terjangkau, dengan begitu kerupuk lele bisa menjadi peluang usaha yang bagus. Namun disini kita tidak akan membahas usaha kerupuk ikan lele, cuma sebagai patokan bahwa harga ikan lele yang cukup murah bisa menjadi bahan alternatif cemilan yang sehat, bergizi, lezat dan tentunya biaya produksinya cukup rendah. Mengingat kerupuk lele masih cukup sulit didapat, apa salahnya kita membuatnya sendiri di rumah?
Resep Kerupuk Ikan Lele, Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele
Resep Kerupuk Ikan Lele
Seperti proses pembuatan kerupuk lainnya, cara membuat kerupuk ikan lele cukup mudah dan murah. Untuk skala kecil, kerupuk ikan lele bisa diroduksi di rumah dengan peralatan dapur yang seadanya karena memang pembuatannya cukup sederhana. Pada dasarnya, kerupuk ikan lele sama dengan kerupuk lainnya yaitu mengikat bahan utama dengan tepung tapioka sehingga menjadi adonan yang kemudian dipadatkan agar gampang dalam proses pengirisan/pemotongannya. Setelah itu barulah kerupuk mentah dijemur untuk kemudian bisa digoreng dan dikonsumsi.

Pada proses pembuatannya, kerupuk ikan lele melalui beberapa tahap yang cukup mudah. Daging ikan harus dipisahkan terlebih dahulu dari tulang/durinya sehingga yang kita gunakan cukup dagingnya saja. Sementara durinya, sebaiknya tidak dibuang begitu saja karena bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan lainnya yang akan kita bahas kedepan. Dan untuk mempermudah pemisahan daging dari tulang, biasanya ikan diukus terlebih dahulu sehingga daging menjadi lebih lunak baru kemudian dipisahkan dari durinya.

Selanjutnya, daging ikan lele dibuat adonan dengan campuran bumbu-bumbu dan tepung tapioka/sagu untuk mengikatnya sehingga membentuk adonan padat. Proses pemadatan adonan dilakukan dengan cara mengukus adonan dalam plastik berbentuk silinder dengan ukuran yang dikehendaki. Untuk mempermudah pemotongan, biasanya digunakan plastik yang memiliki diameter yang tidak terlalu besar. Barulah setelah itu kerupuk mentah didapatkan untuk kemudian dijemur dan digoreng saat hendak dikonsumsi.

Resep Kerupuk Ikan Lele Renyah

Ikan lele yang kita gunakan sebaiknya pilihlah ikan lele yang masih segar sehingga lebih terjamin rasa dan kualitasnya. Untuk ukurannya sendiri, pilihlah ikan lele yang berukuran cukup besar untuk memudahkan proses pemisahan daging dari tulangnya. Untuk ikan lele dengan jumlah/bobot 500 gram, biasanya menghasilkan daging ikan minimal 250 gram sehingga didapat perbadingan 1 banding 1 jika kita menggunakan 250 gram tepung sagu. Lebih banyak daging ikan tentu lebih enak, namun biaya produksinya juga menjadi lebih besar. Untuk bahan lainnya, kita simak berikut ini beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Kerupuk Ikan Lele

  1. 500 gr ikan lele segar
  2. 250 gr tepung sagu
  3. 2 btr telur ayam
  4. 6 siung bawang merah, haluskan
  5. 6 siung bawang putih, haluskan
  6. 2 sdm gula pasir
  7. 2 sdt garam
  8. 2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele

  1. Kukus ikan lele, tidak perlu sampai matang betul. Yang penting daging ikan sudah cukup lunak dan gampang dipisahkan dari tulang/duri-durinya. Pisahkan semua daging ikan lele dari tulangnya kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Pindahkan kedalam wadah, masukkan telur, bawang merah halus, bawang putih halus, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata.
  4. Atur tekstur adonan, jika adonan terlalu kakau maka tambahkan air seperlunya. Tekstur adonan kira-kira seperti tekstur adonan nugget atau adonan mendoan, lembek namun tidak encer.
  5. Masukkan adonan kedalam plastik yang memiliki diameter kecil namun memanjang. Seperti plastik yang digunakan untuk membuat es mambo atau es potong. Ikat ujungnya agar adonan tidak keluar.
  6. Kukus adonan yang telah dimasukkan kedalam palstik selama kurang lebih 15-20 menit. Atau hingga adonan didalamnya menggumpal dan mengeras. Angkat kemudian dinginkan.
  7. Keluarkan adonan yang sudah keras dari plastik. Potong-potong/iris adonan menggunakan pisau dengan ketebalan kira-kira 1-2 milimeter. Usahakan jangan terlalu tebal, atau perkirakan saja ketebalannya seperti kerupuk mantah pada umumnya.
  8. Jemur kerupuk ikan lele mentah di terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, barulah kemudian kerupuk siap digoreng.
  9. Untuk menggorengnya, gorenglah seperti menggoreng kerupuk pada umumnya. Panaskan minyak, kemudian masukkan kerupuk lele mentah dan goreng hingga mengembang. Angkat dan tiriskan.
  10. Kerupuk ikan lele yang gurih kini siap dinikmati.
Pada dasarnya, cara membuat kerupuk ikan lele relatif mudah dengan bahan-bahan yang juga mudah diperoleh. Secara garis besar, alurnya adalah pembuatan adonan, pemadatan adonan, pengirisan dan penjemuran kerupuk mentah. Barulah kemudian kerupuk ikan lele bisa digoreng dan dikonsumsi. Kalian tertarik mencoba resep kerupuk ikan lele ini di rumah? Selamat mancoba dan salam Jajan Pinggiran!

Berikut Ini Resep Menarik Lainnya yang Mesti Kalian Coba!

Resep dan Cara Membuat Martabak Mini Dengan Mudah
Resep dan Cara Membuat Seblak Basah Pedas
Resep dan Cara Membuat Fried Chicken Renyah
Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Segar
Resep dan Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau
Resep dan Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar
Resep dan Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele Renyah
4/ 5
Oleh