Resep dan Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau Tradisional

Resep Es Potong Kacang Hijau - Bagi yang mengalami masa kanak-kanak di tahun 80-90an mungkin sudah tidak asing dengan es potong tradisional yang waktu itu juga dikenal sebagai es unyil. Pada jaman-jaman tersebut, es potong adalah jajanan yang cukup booming di kampung-kampung mengingat belum banyaknya jenis jajanan baru seperti sekarang ini. Memang es potong juga masih eksis hingga sekarang, namun sudah tidak sepopuler dulu lagi. Padahal, jajanan yang satu ini merupakan jajanan yang sehat karena tanpa bahan pengawet dan bahan kimia. Nah, bagi yang ingin mengenang masa kecil atau yang ingin sekedar mencicipi nikmatnya es potong tradisional, mendingan kita membuatnya sendiri di rumah, yuk! Kali ini kita akan mencoba membuat es potong dengan cita rasa kacang hijau.
Resep Es Potong Kacang Hijau, Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau
gambar : travel.kompas.com
Pada dasarnya, cara membuat es potong kacang hijau sangatlah mudah dan prosesnya cukup cepat jika semua bahan telah tersedia. Namun persiapannya diusahakan tidak mendadak karena kacang hijau yang kita gunakan harus direbus terlebih dahulu hingga hancur. Langkah-langkah yang kita perlukan selanjutnya adalah membuat adonannya kemudian mengemasnya kedalam plastik. Setelah itu, barulah adonan es potong kita bekukan didalam freezer hingga beku dan membentuk es.

Persiapan untuk membuat es potong dengan rasa kacang hijau yang cukup lama adalah merebus kacang hijau hingga hancur. Untuk itu, sebaiknya kacang hijau sudah direndam selama semalaman agar proses perebusan bisa lebih cepat. Akan lebih baik jika kacang hijau sudah kita persiapkan sebelumnya. Dan bagi kalian yang tinggal di perkotaan, cara paling cepat adalah dengan membeli bubur kacang hijau yang sudah jadi dari warung-warung yang menjual bubur kacang hijau dan ketan hitam.

Resep Es Potong Kacang Hijau Tradisional

Bahan lain yang kita pergunakan untuk membuat es potong kacang hijau adalah tepung hunkwee atau hun kwe. Biasanya, tepung ini dijual dalam bentuk kemasan kecil yang berupa silinder memanjang. Untuk resep kita kali ini, kita cukup menggunakannya sebanyak setengah bungkus karena fungsinya hanya sebagai 'filler' agar tekstur es nantinya menjadi lebih lembut. Sebagai penambah cita rasa, kita bisa menambahkan susu bubuk atau bisa juga susu kental manis yang dicampurkan pada adonan sebelum dididihkan. Berikut bahan-bahan lengkapnya disertai dengan cara pembuatan.

Bahan Resep Es Potong Kacang Hijau

  1. 1/2 bks tepung hunkwee
  2. 50 gr kacang hijau
  3. 100 gr gula pasir
  4. 50 gr susu bubuk full cream
  5. 500 ml santan
  6. 2 lbr daun pandan, ikatkan
  7. 1/4 sdt garam
  8. air secukupnya
  9. plastik kemasan es

Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau Tradisional

  1. Rebus kacang hijau bersama dengan daun pandan hingga lunak dan butiran kacang hijau pecah. Masak hingga airnya menyusut. Angkat kemudian dinginkan, setelah itu blender hingga halus. Sisihkan. Jika kalian suka kacang hijau yang bertekstur, maka kacangnya tidak usah diblender.
  2. Campurkan santan, gula pasir, susu bubuk, garam dan tepung hunkwee kemudian aduk merata. Masak hingga mendidih.
  3. Masukkan kacang hijau yang sudah diblender, masak beberapa saat. Angkat dan biarkan hingga dingin.
  4. Masukkan kedalam plastik kemasan es kemudian taruh didalam freezer dan tunggu hingga membeku.
Sangat mudah bukan? Cara membuat es potong kacang hijau ini sebetulnya bukan sesuatu yang sulit. Persiapan paling lama cuma terletak pada pembuatan bahan kacang hijau karena proses perebusannya cukup lama agar menjadi lunak. Untuk lebih cepatnya kita membeli bahan yang satu ini, atau bisa juga menggunakan minuman sari kacang hijau yang banyak beredar di pasaran. Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep es potong kacang hijau sendiri di rumah? Selamat mencoba, salam Jajan Pinggiran!

Resep Lainnya Dibawah Ini Juga Menarik!

Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Segar
Resep dan Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar
Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy Renyah
Resep dan Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele Renyah
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
Resep dan Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau Tradisional
4/ 5
Oleh