Resep Pizza Mini Sederhana Untuk Jualan, Tanpa Menggunakan Oven

Resep Pizza Mini Tanpa Oven Untuk Jualan - Jajanan jaman sekarang memang semakin beragam, baik itu variasinya maupun jenisnya.

Jaman dahulu, jajanan anak-anak itu adanya yang itu-itu saja. Tapi sekarang, bahkan jajanan yang "berbau luar negeri pun" sudah banyak macamnya.

Salah satunya adalah pizza versi mini. Makanan berbasis roti ini kini sudah menjadi jajanan anak-anak yang bisa diperoleh dengan harga relatif terjangkau.
resep pizza mini sederhana untuk jualan, resep pizza mini tanpa oven untuk jualan
Ilustrasi : dapur-ziah.blogspot.co.id
Jajanan semacam ini bisa dibilang tergolong baru, karena tidak di setiap daerah tersedia jajanan semacam ini.

Oleh karena itu, jajanan ini berpotensi menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Karena ternyata antusiasme masyarakat cukup tinggi, terutama anak-anak.

Di negara asalnya, Italia, pizza dibuat dari gandum yang diberi pengembang. Kemudian dipanggang dalam oven khusus dengan topping yang beraneka ragam.

Di negara kita pun, pizza 'yang sebenarnya', dibuat dengan cara yang sama dengan tujuan untuk mempertahankan rasa aslinya.

Tapi disini kita akan berbicara tentang pizza sederhana dengan ukuran mini. Proses pembuatannya pun lebih mudah dan praktis, tanpa menggunakan oven.

Biaya produksinya pun cukup murah, sehingga bisa dijadikan resep untuk jualan dengan harga yang relatif terjangkau.

Mau tahu apa saja bahan-bahannya? Yuk kita simak resep selengkapnya.

Resep Pizza Mini Sederhana Untuk Jualan, Tanpa Menggunakan Oven

Bahan-Bahan

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 1 sdm susu bubuk
  3. 1 sdm ragi instan
  4. 2 sdm margarin, cairkan
  5. 1/4 sdt garam
  6. 1/2 gelas air hangat

Bahan Topping

  1. 5 bh sosis, iris tipis
  2. 1 bh bawang bombay, iris tipis
  3. saus tomat secukupnya
  4. saus mayones secukupnya

Cara Membuat Pizza Mini Sederhana Untuk Jualan

  1. Seduh susu bubuk dengan setengah gelas air hangat, masukkan ragi instan, aduk merata. Diamkan beberapa saat hingga larutan ragi mengembang dan berbuih.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan larutan ragi yang sudah berbuih. Uleni menggunakan tangan hingga benar-benar kalis. Saat menguleni, perhatikan tekstur adonan, jika terlalu kaku bisa ditambahkan air matang sedikit demi sedikit sambil terus dilueni. Tekstur adonan yang ideal adalah adonan yang elastis dan lembut, mudah dibentuk.
  3. Terakhir, masukkan margarin dan garam. Uleni lagi sampai adonan benar-benar kalis.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 20-30 menit agar mengembang. Selama didiamkan, adonan ditutup menggunakan plastik atau serbet bersih yang dibasahi.
  5. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi 2 atau 3 bagian, tergantung ukuran teflon yang akan kita gunakan.
  6. Bulatkan tiap bagian adonan, kemudian pipihkan langsung diatas permukaan teflon. Bentuklah sedemikian rupa agar menyerupai pizza dengan bentuk pipih dan bagian pinggiran yang menanggul.
  7. Olesi permukaan bagian atasnya menggunakan saus tomat dan saus mayones. Ambil irisan sosis, letakkan dan tata di bagian atas roti pizza, disusul dengan irisan bawang bombay. Terakhir, beri saus tomat dan saus mayones sebagai topping paling atas.
  8. Tutup teflon dan pangganglah pizza diatas api sangat kecil selama kurang lebih 10-20 menit atau hingga roti pizza matang sempurna. Cirinya, permukaan rotinya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan.
  9. Angkat pizza dari teflon, potong-potong, sajikan selagi hangat. Ulangi langkah yang sama untuk sisa adonan roti pizza-nya.
loading...
Resep Pizza Mini Sederhana Untuk Jualan, Tanpa Menggunakan Oven
4/ 5
Oleh