Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon

Resep Tahu Gejrot Sederhana - Tahu gejrot merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Jajanan yang satu ini memiliki cita rasa yang khas sekaligus unik karena memiliki perpaduan rasa yang kuat antara asam, manis dan pedas. Gurihnya tahu berpadu dengan pedasnya kuah membuat kantuk hilang seketika, maka tak heran jika tahu gejrot digemari oleh penikmat makanan pedas.
Resep Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon, Cara Membuat Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon
Resep Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon
Nah, kali ini kita akan mencoba membuat tahu gejrot sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana namun rasanya tak kalah enak. Cara membuat tahu gejrot sederhana khas Cirebon sangatlah mudah, karena pada proses penyajiannya cukup dengan ulek-mengulek tanpa harus melalui proses masak memasak.

Yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu adalah kuahnya, yaitu dengan cara merebus semua bahan kuah hingga mendidih. Setelah itu, tahu gejrot bisa disajikan kapan saja tanpa perlu memasaknya lagi. Dan dengan begitu, bagi kalian yang gemar menikmati tahu gejrot bisa membuatnya kapan saja karena kuah tahu gejrot bisa bertahan cukup lama.

Dalam proses penyajiannya, tahu gejrot biasanya menggunakan bumbu-bumbu mentah seperti bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Bumbu-bumbu ini tinggal kita ulek secara asal-asalan saja, tidak usah diulek hingga halus atau diulek kasar saja. Setelah itu, tinggal masukkan tahu Sumedang yang sudah dipotong-potong dan siram dengan kuahnya. Jadi deh.

Bagi kalian yang penasaran dan ingin mencoba membuat sendiri tahu gejrot sederhana di rumah, yuk kita simak resepnya berikut ini. Gampang ko, namun hasilnya selezat tahu gejrot abang-abang.

Resep Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon

Tahu yang biasa digunakan sebagai bahan baku tahu gejrot adalah jenis tahu kopong. Salah satu jenis tahu kopong yang populer adalah tahu Sumedang. Tahu ini memiliki tekstur yang ringan karena hampir tidak memiliki isi didalamnya sehingga rasanya lebih gurih dan bumbu tahu gejrot bisa meresap hingga kedalamnya.

Kita bisa saja menggunakan tahu kulit biasa, namun biasanya tahu kulit biasa terlalu banyak mengandung air sehingga rasanya kurang maksimal. Selain itu, tahu kulit biasa cukup padat sehingga bumbu tahu gejrot tidak bisa meresap hingga kedalam tahu. Namun sebagai alternatif jika tidak ada tahu kopong, maka tahu kulit biasa bisa kita gunakan dengan cara menggorengnya lagi hingga cukup garing.

Bahan Resep Tahu Gejrot Sederhana

  1. 10 bh tahu sumedang
  2. 5 bh cabe rawit
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih

Bahan Kuah

  1. 1 keping gula jawa, sisir halus
  2. 2 sdm kecap manis
  3. 1 sdm asam jawa
  4. 2 gelas air

Bumbu Halus untuk Kuah

  1. 2 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 bh cabe merah keriting
  4. 1 sdt garam

Cara Membuat Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon

  1. Langkah pertama, kita persiapkan kuahnya terlebih dahulu. Satukan semua bahan kuah seperti gula jawa, kecap manis, asam jawa dan air beserta bumbu yang dihaluskan.
  2. Didihkan diatas api sedang hingga gula dan asam jawa larut. Angkat kemudian saring. Sisihkan dulu.
  3. Ulek cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Tidak usah terlalu halus, cukup diulek kasar saja.
  4. Ambil tahu sumedang, potong-potong sesuai selera. Masukkan kedalam bumbu yang diulek kasar tadi kemudian sedikit ditekan-tekan menggunakan ulekan agar menyatu dengan bumbu. Tekan pelan-pelan saja biar tahu tidak hancur.
  5. Siram tahu dan bumbu yang diulek kasar dengan kuah yang tadi kita buat.
  6. Tahu gejrot siap dinikmati.
Bagaimana, cukup mudah bukan? Cara membuat tahu gejrot sederhana memang cukup praktis apalagi jika kita sudah mempunyai kuahnya. Kuah tahu gejrot bisa bertahan cukup lama apalagi jika disimpan dalam lemari es, selanjutnya tinggal dihangatkan saja jika kita ingin menggunakannya.

Kalian tertarik mencoba resep tahu gejrot sederhana ini di rumah? Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran !
Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Sederhana Khas Cirebon
4/ 5
Oleh