Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Kenyal dan Gurih

Resep Bakso Ikan Tenggiri Kenyal - Salah satu olahan daging ikan tenggiri yang cukup populer adalah bakso ikan. Jenis bakso ini umumnya ada dua versi yaitu bakso goreng dan bakso kuah yang disajikan dengan berbagai bahan pelengkap. Keduanya memiliki bahan dasar dan proses pembuatan adonan yang hampir sama. Hanya saja proses akhir dan penyajiannya saja yang berbeda.

Untuk resep kita kali ini, kita akan mencoba membuat bakso ikan tenggiri yang disajikan bersama dengan kuah. Bakso ikan yang disajikan dengan kuah tentunya harus memiliki tekstur yang kenyal agar lebih lezat dan bakso tidak hancur saat direbus. Selain itu, penampilannya juga lebih menarik dan menggugah selera.
Resep Bakso Ikan Tenggiri Kenyal, Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Kenyal dan Gurih
gambar : indonesian-medan-food.blogspot.com
Cara membuat bakso ikan tenggiri kenyal sebetulnya cukup mudah, kuncinya terletak pada bahan dan cara pembuatannya. Agar didapat bakso ikan yang kenyal, perbandingan jumlah tepung dan jumlah daging ikan sebaiknya tidak telalu banyak. Misalnya 1 bagian tepung berbanding 3-4 bagian daging ikan sehingga nantinya bakso tidak mudah hancur.

Selain itu, cara pembuatan bakso ikan juga menentukan kekenyalan bakso. Jika menggunakan food processor tentunya cara ini lebih mudah karena kita tinggal menentukan takaran bahan saja. Sementara jika dibuat secara manual, maka adonan harus diuleni hingga benar-benar kalis sehingga adonan bakso tidak hancur saat direbus.

Dalam proses perebusan juga sebaiknya tidak terlalu lama karena bakso bisa manjadi terlalu melar dan kurang kenyal. Bakso yang berbahan dasar daging ikan tidak memerlukan waktu yang lama untuk menjadi matang. Setelah bakso mengapung dan mengembang, sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama di dalam air rebusan.

Resep Bakso Ikan Tenggiri Kenyal dan Gurih

Karena bakso ikan kita kali ini akan disajikan bersama dengan kuah, maka kuah juga memiliki peranan penting dalam kelezatan bakso ikan. Kuah bakso ikan bisa dibuat dari kaldu cair yang diberi tambahan berbagai bahan pelengkap. Namun jika kita tidak memiliki kaldu cair, maka kita bisa membuatnya dari air rebusan bakso yang ditambah dengan kaldu blok siap pakai.

Air rebusan bakso ikan mengandung sedikit kaldu ikan, jadi kita tinggal membersihkannya dari bahan sisa perebusan bakso. Setelah itu, barulah ditambahkan kaldu dan bahan lainnya. Dan untuk bahan-bahan lainnya, berikut daftar lengkapnya.

Bahan Resep Bakso Ikan Tenggiri Kenyal

  1. 250 gr daging ikan tenggiri fillet
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. 5 siung bawang putih, haluskan
  4. 1 putih telur
  5. 1/2 sdt lada bubuk
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. es batu yang diremukkan secukupnya

Bahan Kuah

  1. 2 btr kaldu blok
  2. 1 sdt lada bubuk
  3. 1 sdt garam
  4. 1/2 sdt gula pasir
  5. 1 ltr air kaldu rebusan bakso

Bahan Taburan

  1. 1 btg daun bawang, rajang halus
  2. 2 btg seledri, rajang halus
  3. 4 siung bawang putih, cincang halus kemudian goreng

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Kenyal dan Gurih

  1. Haluskan daging ikan tenggiri dengan cara ditumbuk hingga halus. Selain ditumbuk, bisa juga dikerok perlahan-lahan menggunakan sendok karena daging ikan tenggiri cukup lunak dan mudah hancur.
  2. Masukkan bawang putih halus, putih telur, garam, lada bubuk dan kaldu bubuk. Masukkan juga es batu yang telah dihancurkan secukupnya, masukkan sedikit dulu kurang lebih 1/2 gelas.
  3. Aduk rata kemudian masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit dan uleni adonan menggunakan tangan hingga kalis. Jika adonan bakso telalu kaku maka tambahkan lagi sedikit es batu dan uleni lagi. Dan jika telalu lembek, maka tambahkan lagi sedikit tepung.
  4. Selanjutnya, bentuklah adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan layaknya bakso.
  5. Didihkan air, rebus bakso ikan hingga mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya, ambil air sisa rebusan bakso. Bersihkan dari bahan-bahan yang terdapat didalamnya seperti busa dan endapan adonan bakso pada dasar panci. Didihkan lagi diatas api sedang.
  7. Bubuhkan garam, gula pasir, lada bubuk dan kaldu blok. Aduk rata dan cicipi rasanya. Jika dirasa ada bumbu yang kurang, tambahkan lagi secukupnya.
  8. Angkat kuah dan sajikan bersama bakso ikan. Taburi dengan irisan daun bawang, seledri dan bawang putih goreng.
Pada dasarnya, cara membuat bakso ikan tenggiri kenyal baik itu versi kuah maupun versi goreng tidak jauh berbeda. Hanya saja, pembuatan bakso ikan berkuah memerlukan bahan yang lebih banyak dan lebih beragam. Perbedaan juga terdapat pada tekstur adonan, dimana biasanya bakso ikan yang berkuah memiliki adonan yang lebih padat.

Nah, kalian tertarik mencoba resep bakso ikan tenggiri kenyal ini di rumah? Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran !
Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Kenyal dan Gurih
4/ 5
Oleh