Mengapa Mata Terasa Perih Saat Mengupas atau Mengiris Bawang Merah ?

Gambar : Wikipedia.org
Pernahkan mata anda merasakan perih saat mengupas atau mengiris bawang merah ? Kawan-kawan Jajan Pinggiran yang sering beraktifitas di dapur tentunya sudah pernah atau bahkan sering mengalaminya ya. Mungkin ini semua bukanlah fenomena yang aneh dan memang lumrah, sehingga kita sendiri secara tak sadar sudah memakluminya kalau mengupas atau mengiris bawang merah ya memang seperti itu resikonya. Namun, pernahkah di pikiran anda terlintas pertanyaan dari manakah penyebab rasa perih itu berasal? zat apakah yang membuat mata kita terasa perih? Mungkin tulisan kita kali ini dapat memberi sedikit gambaran.

Mengapa Mata Terasa Perih Saat Mengupas atau Mengiris Bawang Merah ?

Sekilas tentang bawang merah ( Allium Cepa L. : Wikipedia ), bawang merah merupakan sejenis tanaman umbi lapis yang sekerabat dengan bawang bombay, kucai dan jenis bawang-bawangan lainnya. Bawang merah menurut para ahli botani berasal dari daerah asia tengah dan asia tenggara. Pengguanaanya memang terbilang luas dari mulai bumbu atau penyedap masakan sampai penggunaan bawang merah untuk bidang pengobatan. Disini kita akan membahas bawang dengan pemanfaatan sebagai penyedap masakan.
Kembali ke topik utama, bawang merah mengandung senyawa utama yaitu flavonoid dan fenol ( sumber : wikipedia.org ) yang merupakan senyawa aktif yang terkadung dalam bawang merah. Adapun, bawang merah juga mengandung senyawa yang termasuk kedalam golongan minyak atsiri dalam kandungan yang cukup besar. Zat ini dilepaskan oleh bawang merah saat bagian dalam umbi lapis tersebut terkelupas dan terpapar udara bebas. Dalam waktu yang sangat cepat minyak atsiri tersebut menguap ke udara dikarenakan titik penguapannya yang sangat rendah, inilah yang mengakibatkan mata kita perih saat mengupas bawang merah. Senyawa jenis ini juga terkadung dalam kulit jeruk dan daun dari beberapa jenis tumbuhan. Efek yang ditimbulkan sama seperti pada bawang merah yaitu mengiritasi selaput lendir terutama bagian mata dan rogga hidung.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa zat yang bertanggungjawab yang menyebabkan mata kita pedih saat mengiris bawang merah tak lain adalah minyak atsiri. Minyak jenis ini sebetulnya banyak terdapat di alam bebas dalam bentuk cairan yang terjebak dalam rongga atau organ tumbuhan. Kandungan minyak atsiri dalam bawang merah memang cukup besar seperti pada kulit jeruk, dengan jumlah sebanyak itu tak heran kalau minyak atsiri pada bawang merah mampu membuat kita 'menangis' saat mengenai mata kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kawan-kawan Jajan Pinggiran. Baca juga tulisan kami mengenai Zat Penyebab Rasa Pedas Pada Cabai. Terimakasih dan salam Jajan Pinggiran.
loading...
Mengapa Mata Terasa Perih Saat Mengupas atau Mengiris Bawang Merah ?
4/ 5
Oleh