Kue Talam Ini Rasanya Manis dan Lembut

Kue talam adalah kudapan tradisional khas Indonesia yang tersebar hampir di seluruh nusantara. Walaupun banyak jenisnya namun bahan utama dan proses pembuatannya hampir sama, sehingga rasanya pun tak jauh berbeda.
Kue Talam Manis dan Lembut
Kue talam mudah ditemukan di banyak daerah di Indonesia apalagi saat bulan Ramadhan biasanya banyak penjual kue talam yang menjajakannya sebagai menu berbuka puasa. Kue talam banyak disukai karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis dan agak gurih karena mengandung santan serta aroma pandan yang menggugah selera.

Kue Talam Ini Rasanya Manis dan Lembut

Kue talam terbuat dari tepung beras dan sedikit tepung sagu/tapioka dengan ditambah santan serta daun pandan sebagai penguat aroma. Kue talam dimasak dengan cara dikukus di dalam cetakan yang berbentuk seperti mangkuk dan biasanya terdiri dari dua lapis atau lebih. Lapisan-lapisan tersebut biasanya berbeda warna agar terlihat menarik dan tidak membosankan. Ada pula yang membuatnya dengan ditambah topping tertentu sebagai variasi sehingga menimbukan kesan modern dan tidak ketinggalan jaman.

Kue talam biasanya dijual di pasar-pasar tradisional yang menjajakan jajanan tradisional. Pada hari-hari biasa kue talam biasanya dijual pada pagi hari saat pasar tradisional buka, sedangkan pada bulan Ramadhan biasanya dijual sore hari menjelang berbuka puasa. Dengan harga yang relatif murah kita bisa mendapatkan kue talam yang tak kalah enak dengan jajanan modern dan tentu saja sehat karena terbuat dari bahan-bahan yang masih tradisional tanpa bahan pengawet.

Salam, Jajan Pinggiran.
Kue Talam Ini Rasanya Manis dan Lembut
4/ 5
Oleh