Kue Dadar Gulung Itu Rasanya Manis Juga Gurih

Kue dadar gulung merupakan penganan tradisional khas Indonesia dengan rasa yang manis bercampur gurih. Sesuai namanya dadar gulung memang dibuat dengan cara didadar untuk lapisan kulitnya, diisi dengan parutan kelapa yang sudah dimasak dan diberi gula terlebih dahulu.
Dadar Gulung Manis dan Gurih Untuk urusan isian, sebenarnya dadar gulung tidak harus melulu kelapa, dadar gulung dapat divariasikan dengan berbagai bahan seperti coklat, pisang dan lain sebagainya. Isian kelapa memungkinkan dadar gulung dijual lebih murah dan rasanya lebih gurih. Dadar gulung populer di kalangan masyarakat menengah ke bawah dan merupakan jajanan yang sehat.

Kue Dadar Gulung Manis dan Gurih

Dadar gulung terbuat dari bahan utama yaitu tepung terigu, telur, gula jawa dan kelapa parut. Cara membuat dadar gulung tidaklah rumit yang meliputi pembuatan kulit dan pengolahan isian. Setelah itu kedua bahan yang telah diproses disatukan tanpa melalui proses pengolahan lagi. Dadar gulung biasanya berwarna hijau yang berasal dari daun suji dan daun pandan wangi, atau yang lebih modern biasanya menggunakan pasta pandan yang berfungsi sebagai pewarna sekaligus menambah aroma. Namun penggunaan daun suji dan pandan wangi memang memiliki cita rasa tersendiri dan tentunya lebih sehat karena tidak melibatkan bahan kimia.

Meskipun dadar gulung adalah kue tradisional namun keberadaannya masih tetap eksis di dunia kuliner tanah air dan dapat ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional, mungkin karena penganan ini mudah dibuat dan tentunya digemari banyak orang. Dadar gulung biasanya dijajakkan saat pagi hari, para penjual biasanya menjajakkan dadar gulung bersama jajanan sarapan lainnya. Dengan harga yang sangat terjangkau kue dadar gulung menyajikan cita rasa yang enak dan juga sehat.

Salam, Jajan Pinggiran.
Kue Dadar Gulung Itu Rasanya Manis Juga Gurih
4/ 5
Oleh