Cara Membuat Kaldu Sapi Menggunakan Slow Cooker

Di pasaran, banyak kaldu sapi siap pakai dalam berbagai bentuk, mulai dari kaldu bubuk hingga kaldu cair.

Akan tetapi, rasa kaldu yang dibuat secara langsung ternyata lebih enak dan lebih sedap sehingga rasa masakanpun lebih mantap.

Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan beberapa langkah mudah maka kita sudah mempunyai kaldu segar yang tentunya lebih sehat.
cara membuat kaldu sapi menggunakan slow cooker
Tau gak sih, membuat kaldu itu tidak sesulit dan seribet yang dipikirkan orang.

Meskipun memang, untuk menghasilkan kaldu yang baik tentunya dibutuhkan ketelitian dalam membuatnya dalam artian tidak asal-asalan.

Kunci utamanya adalah kehigienisan dalam proses pembuatannya, dengan demikian maka kaldu yang dihasilkan akan lebih maksimal.

Kaldu sapi yang baik adalah kaldu yang bening atau transparan atau tidak butek, tidak berbau amis, dan juga tidak mengandung lemak yang banyak.

Untuk itu, kebersihan perlu dijaga mulai dari persiapan hingga proses akhir.

Jika prosesnya tepat, maka kaldu yang dihasilkan bisa bertahan lama hingga berbulan-bulan atau tidak cepat basi.

Secara umum, membuat kaldu sapi adalah memasak daging atau tulang sapi diatas api sangat kecil dalam waktu yang lama atau istilahnya slow cooking.

Jika tidak lama, maka kaldunya tidak akan keluar.

Untungnya, jaman sekarang ini kita bisa menggunakan slow cooker sehingga lebih praktis dan bisa dintinggal-tinggal tanpa kuatir akan bahaya api ataupun gas habis.

Sebagai bahan utama membuat kaldu sapi, kita bisa menggunakan tulang belakang sapi atau bisa juga tulang kaki.

Harga tulang sapi cukup murah, di tempat penulis sendiri, harga tulang sapi berkisar antara 10-30 ribu Rupiah untuk setengah kilogramnya.

Bergantung harga daging dan kondisi tulang sapi itu sendiri, jika masih banyak daging yang menempel maka harganya lebih mahal.

Nah, apa saja bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat kaldu sapi dan seperti apa cara membuatnya? Yuk simak!

Bahan-Bahan

  • 500 gr tulang sapi
  • 2 btg daun bawang, potong-potong
  • 1 bh bawang bombay, belah 4 bagian
  • 2 siung bawang putih, geprek
  • 1 bh wortel, kupas kemudian iris-iris
  • air, secukupnya

Cara Membuat Kaldu Sapi Menggunakan Slow Cooker

  1. Cuci dan bersihkan tulang sapi hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa darah yang menempel dan pastikan juga tidak banyak lemak atau gajih yang menempel.
  2. Rebus tulang sapi dalam air mendidih. Gunakan air yang cukup banyak, sekiranya bisa merendam keseluruhan tulang. Rebus selama beberapa saat hingga keluar buihnya. Perebusan ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang dan sisa darah yang mungkin masih menempel dan bisa menyisakan bau amis pada air kaldu nantinya.
  3. Angkat dan pisahkan tulang sapi dari air rebusannya, tiriskan.
  4. Masukkan tulang sapi yang sudah direbus kedalam slow cooker bersama dengan bahan lainnya seperti daun bawang, bawang bombay, bawang putih dan wortel.
  5. Tuangkan air secukupnya, kemudian nyalakan slow cooker.
  6. Biarkan tulang sapi dimasak dalam slow cooker selama semalaman. Besoknya, kaldu sapi sudah jadi dan tulang sapi bisa dipisahkan dari air kaldunya.
  7. Jika ingin menggunakan panci biasa, silahkan masak semua bahan hingga mendidih. Setelah mendidih maka kecilkan api kompor hingga sangat kecil dan masaklah tulang sapi selama minimal 2 jam.
Cara Membuat Kaldu Sapi Menggunakan Slow Cooker
4/ 5
Oleh